Penuhi Permintaan Warga, Presiden Jokowi Perintahkan Buka Jembatan Sei Alalak Meski Belum Dia Resmikan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAPresiden Jokowi mendengarkan permintaan Warga Kalimantan Selatan dengan mengizinkan penggunaan Jembatan Sei Alalak meski belum dia resmikan.

Hal itu diungkapkan Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, Minggu 26 September 2021.

“Benar, Bapak Presiden meminta agar Jembatan Alalak ini segera dibuka. Kami saat ini sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” ujar Heru.

Sebelumnya, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) XI Banjarmasin Sauqi Kamal menyatakan jembatan itu belum bisa dibuka untuk umum karena belum mendapat jadwal peresmian oleh Presiden Jokowi.

Sementara, kawasan di sekitar Jembatan Alalak saat ini sangat terkenal dengan kemacetan lalu-lintasnya, terutama setelah Jalan Lingkar Utara yang kondisinya rusak parah pasca diterjang banjir.

Maka, warga setempat meminta Presiden Jokowi mengizinkan jembatan itu dibuka untuk mengurangi kemacetan yang parah.

Heru mengatakan pembukaan jembatan tersebut dapat dilakukan dengan ujicoba operasional secara terbatas hingga pelaksanaan peresmian. Jenis kendaraan yang diizinkan hanya untuk roda dua dan mobil penumpang.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan siap melaksanakan permintaan Presiden Jokowi tersebut. Dia menyatakan jembatan itu memang sudah siap beroperasi.

Dia menegaskan akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan untuk melakukan operasional terbatas jembatan itu.

Basuki juga meminta masyarakat mentaati aturan lalu lintas dan tidak berhenti di atas jembatan untuk berfoto.

Selain itu, Basuki meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan dan ketertiban di area jembatan.

Jembatan Sei Alalak telah selesai seluruh proses pembangunannya pada Jumat, 24 September 2021. Jembatan ini dibangun untuk menggantikan Jembatan Kayu Tangi 1 yang telah berusia sekitar 30 tahun dan juga akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi perekonomian masyarakat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini