Penuh Misteri, Ini Mitos yang Dipercaya saat Halloween Tiba!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setiap akhir bulan Oktober masyarakat khususnya di negara barat menyambut perayaan Halloween. Tradisi ini, dilakukan setiap tahunnya sejak 2000 tahun yang lalu, oleh nenek moyabg bangsa Celtic dari Eropa.

Ikut merayakan Halloween memang menyenangkan. Kamu bisa turut menghias rumah, menyiapkan makanan khas Halloween, hingga menggunakan kostum unik dan menyeramkan. Tapi, tahukah Kamu kalau ada mitos yang banyak dipercaya masyarakat saat Halloween tiba?

Konon, perayaan Halloween dilakukan untuk menyambut arwah orang meninggal yang datang ke bumi. Mereka akan menggunakan kostum agar arwah tersebut menganggap mereka sebagai teman.

Tak hanya itu, ada beberapa hal yang dianggap membahayakan jika terjadi pada dirimu di malam Halloween. Apa saja? Yuk simak!

1. Kelelawar Pembawa Sial

Kelelawar memiliki reputasi buruk saat Halloween tiba. Mereka dianggap pembawa sial dan siapa pun tak ingin bertemu kelalawar di malam Halloween.

Konon, jika ada kelelawar yang terbang mengelilingi rumahmu saat Halloween, maka itu pertanda buruk. Mereka percaya bahwa salah satu penghuni rumah itu akan meninggal, atau didatangi oleh hantu.

2. Memecahkan Cermin di Malam Halloween

Mitos lainnya yang bikin merinding di malam Halloween ialah larangan memecahkan cermin. Konon, cermin merupakan gambaran diri kita yang sebanarnya. Dan saat cermin itu hancur, maka jiwa Kamu akan tersesat.

Maka, banyak nenek moyang yang tidak mengharapkan adanya cermin pecah saat malam Halloween. Sebab, mereka percaya jiwa kita akan tersesat dan bisa bernasib sial sampai tujuh turunan. Duh, ngeri banget ya gaes!

3. Mitos Kucing Hitam

Ternyata gak cuma kelelawar, kucing hitam juga dianggap sial jika keluar saat malam Halloween. Sebab, mitos kucing hitam identik dengan seorang penyihir jahat yang bisa merubah wujudnya menjad seekor kucing dan membawa kutukan.

Mereka percaya jika kucing hitam melintasi jalanmu, maka Kamu akan terkena sial. Tetapi di berbagai negara, seekor kucing hitam justru memiliki konotasi positif yaitu mereka dipercaya dapat meramalkan hal-hal baik akan datang.

4. Melihat Laba-laba

Tak melulu soal kesialan dan kutukan, ada pula mitos Halloween yang gak serem-serem amat. Yaitu melihat laba-lama saat perayaan itu tiba.

Konon katanya, jika kita melihat laba-laba di malam Halloween, berarti orang yang kita sayangi sedang mengawasi.

5. Membunyikan Bel

Perayaan Halloween muncul, karena para nenek moyang Celtic percaya adanya roh jahat dan arwah orang meninggal yang turun ke bumi. Mereka datang untuk merusak hasil panen manusia dan menganggu mereka.

Maka, sebuah mitos beredar bahwa membunyikan bel saat malam Halloween bisa mengusir arwah jahat dari lingkungan kita. Mereka akan pergi dan tak mengganggu manusia.

Hmm, gimana gaes? Kamu percaya gak?

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini