Moms, Ini Alasan Tindik Telinga Jangan Dilakukan Ketika Masih Bayi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tindik telinga pada bayi perempuan biasanya dilakukan beberapa hari setelah ia dilahirkan. Menindik telinga bayi adalah pilihan yang sangat pribadi, beberapa orangtua memilih tindik bayi lebih awal dengan berbagai alasan.

Namun, menurut American Academy of Pediatrics, orang tua harus menunggu anak mereka berusia minimal 6 bulan sebelum telinga mereka ditindik. Meskipun nasihat tersebut sering diperdebatkan oleh orang tua, tidak dapat disangkal bahwa ada beberapa kerugian menindik telinga bayi Kamu.

Dilansir dari BrightSide, berikut beberapa kerugian yang mungkin bisa terjadi:

1. Bisa melukai diri sendiri.

Tindik memang menyakitkan, berapa pun usianya. Saat telinga bayi Kamu ditindik, mereka mungkin berubah menjadi merah dan menjadi sangat sensitif. Sangat penting untuk memastikan tindikan yang baru tidak tersentuh. Namun, bayi tidak dapat diprediksi, dan mereka mungkin mencoba menyentuh dan menarik anting, yang dapat menimbulkan bahaya.

2. Kamu membuat pilihan untuk mereka.

Meskipun sepenuhnya terserah orang tua apakah mereka ingin menindik telinga bayi mereka atau tidak, ada risiko bahwa anak tersebut akan tumbuh dan tidak menyukainya. Karena menusuk telinga pada usia berapa pun juga menyakitkan, mungkin itu pilihan yang lebih baik untuk membiarkan anak memutuskan sendiri ketika mereka sudah besar dan dapat merawat sendiri tindikannya.

3. Itu permanen.

Meskipun tidak selalu demikian, terkadang telinga yang ditindik dapat melukai jaringan telinga dan membuat lubang menjadi permanen. Penindikan permanen dapat menjadi masalah jika anak Kamu tumbuh besar dan memutuskan untuk menghilangkan penindikan tersebut.

4. Bisa menyebabkan infeksi.

Meskipun dilakukan dengan mempertimbangkan semua tindakan pencegahan, tindik telinga pada bayi selalu berisiko menimbulkan infeksi kecuali jika dirawat dengan benar. Nyeri, keluarnya cairan, dan bengkak bisa muncul jika telinga tidak dibersihkan sesuai arahan ahlinya, bahkan bisa berujung pada pembentukan keloid. Dianjurkan untuk tidak melepas tindikan setidaknya selama 6 minggu setelah mendapatkannya.

Pada usia berapa Kamu atau anak Kamu pertama kali ditindik?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini