Mengintip Fenomena ‘Bahasa Anak Jaksel’, Mirip Singlish?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kosa kata literally, which is, basically, actually nampaknya sedang digandrungi anak muda ibu kota. Padahal, kosa kata itu kan cuma bahasa Inggris biasa. Apa uniknya?

Uniknya adalah remaja saat ini kerap menggabungkan kosa kata bahasa Inggris tersebut dengan bahasa Indonesia. Entah untuk terlihat gaul atau memang mereka terbiasa saja pakai bahasa Inggris.

Nah, Fenomena tersebut akhirnya melahirkan istilah ‘bahasa anak jaksel’. Loh apa hubungannya ya dengan Jakarta selatan?

Kawasan Jakarta selatan identik dengan kaum borju-nya gaes. Hal itu yang mengundang masyarakat berasumsi bahwa anak jaksel kebanyakan anak gaul yang doyannya ngobrol pakai bahasa Inggris campur bahasa Indonesia.

Sebenarnya, jika ditelisik, fenomena ini mirip dengan singlish atau Singapore-English. Dimana masyarakat Singapura gemar ngobrol dengan mencampur bahasa mereka dengan bahasa Inggris. Adapula di Spanyol, istilah spanglish atau Spanyol-English juga sebagai bentuk mereka berbicara tak hanya dengan satu bahasa.

Namun, di Singapura istilah singlish terbentuk karena adanya berbagai kultur yang membentuk negara tersebut.

Kalau di Indonesia sendiri, fenomena campur aduk itu terbentuk karena apa ya?

Pengamat Sosial Budaya, Devie Rahmawati dari Universitas Indonesia mengungkapkan, mencampur bahasa merupakan lambang hierarki yang menunjukan status sosial, pendidikan dan kehormatan.

Stigma mengenai bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional menjadikan siapapun yang mengucapkannya terlihat lebih keren dan berpendidikan.

“Orang Indonesia terbiasa dengan struktur sosial hierarkis. Jadi ada status sosial tertentu yang bila digunakan akan mendapat penghormatan. Bahasa Inggris dianggap memiliki simbol itu,” ungkapnya.

Namun, banyak juga yang menganggap fenomena ‘bahasa anak jaksel’ ini bukanlah hal yang buruk. Tapi tak sedikit juga yang mengkritiknya.

Gimana kalau menurutmu?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini