Mengenal Profesi Detektif dari Novel Sherlock Holmes

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tak berlebihan banyak orang menyukai karakter Sherlock Holmes saat dia melakukan penyelidikan. Detektif tersohor dari cerita fiksi karangan Sir Arthur Conan Doyle, seorang penulis dari Skotlandia.

Novel Sherlock Holmes terbit pertama kali pada 6 Januari 1854. Judul novelnya A Study in Scarlet pada 1887 dan termuat di surat kabar Beeton’s Christmas Annual.

Tokoh ini semakin populer setelah cerita pendeknya muncul secara berseri di The Strand Magazine. Di awali dengan A Scandal in Bohemia pada 1891 yang berlanjut sampai 1927 dengan tambahan dua novel.

Semua cerita Sherlock Holmes berlatar waktu tahun 1880-an hingga 1914.

Sebagian besar cerita narasinya dari sahabat Sherlock Holmes yaitu, Dr John H Watson. Ia selalu menemani Sherlock Holmes di setiap investigasinya. Bahkan mereka berbagi kamar di 221B Baker Street, London. Sehingga di setiap novelnya, seakan-akan menjadi catatan Dr Watson atas petualangan mereka.

Banyak tokoh yang muncul dalam setiap novel Holmes. Berikut ini karakter dan tokoh-tokoh yang ada di setiap novelnya:

  1. Dr. Watson

Dalam menjalankan profesinya sebagai seorang detektif, Sherlock Holmes selalu bersama Dr Watson. Di novel A Study in Scarlet, mereka bertemu untuk pertama kalinya.

Peran Watson cukup besar dalam sepak terjang Holmes. Ia menjadi sahabat karib sekaligus rekan kerja Holmes. Watson juga berperan sebagai narator serta penulis biografi Sherlock Holmes. Dari 60 cerita Holmes, 56 di antaranya berasal dari sudut pandang Watson.

Watson merupakan orang yang cerdas dan dokter handal yang kemampuannya diakui Holmes. Nah, di novel The Sign of the Four, Watson jatuh cinta kepada salah satu klien Holmes, yaitu Mary Morstan. Ia kemudian menikahinya.

2. Profesor James Moriarty

Musuh besar Holmes adalah Professor James Moriarty. Ia muncul pertama kali dalam cerita The Adventure of the Final Problem. Ia juga muncul dalam novel The Valley of Fear. Tokoh Moriarty terinspirasi dari sosok nyata, yakni Adam Worth, penjahat sungguhan yang hidup sezaman dengan Arthur Conan Doyle.

Dalam novel, Moriarty adalah otak kriminal yang mengontrol dan melindungi sebagian penjahat di Inggris. Menurut pandangan Holmes, Moriarty adalah dalang di balik kasus-kasus yang ia temui. Sosok Moriarty juga muncul dalam cerita lain, di antaranya The Adventure of the Illustrious Client dan His Last Bow.

3. Mrs Hudson, pemilik rumah Holmes

Mrs Hudson adalah pemilik 221B Baker Street. Dalam cerita The Naval Treaty, Watson mendeskripsikan Mrs Hudson sebagai induk semang yang pandai memasak. Selain langkahnya yang anggun, Watson tidak menggambarkan secara jelas ciri fisik Mrs Hudson. Namun, di beberapa serial dan film adaptasi, penggambaran Mrs Hudson selalu sebagai wanita paruh baya.

Meskipun sering repot oleh tindakan dan kebiasaan aneh Holmes, Mrs Hudson sangat mengagumi kecerdasan Holmes. Ia cukup sabar walau Holmes sering membuat keributan. Setiap kali menemui kasus, Mrs Hudson biasanya memilih diam dan enggan terlibat. Namun, dalam cerita The Adventure of The Empty House dia ikut berperan aktif dalam menangkap Colonel Moran.

4. Irene Adler, sosok wanita paling istimewa di mata Holmes

Irene Adler diperkenalkan dalam cerita berjudul A Scandal in Bohemia yang diterbitkan bulan Juli 1891. Adler diceritakan lahir di New Jersey pada tahun 1850. Dia memiliki karir yang cukup gemilang sebagai penyanyi opera di Eropa.

Irene Adler adalah satu-satunya wanita yang sangat dikagumi Holmes. Ia merupakan lawan yang sepadan bagi Holmes. Adler memiliki karakter yang memikat, cerdik, dan berpengaruh dalam kehidupan Holmes. Meskipun hanya muncul di A Scandal in Bohemia, Irene Adler sering digambarkan sebagai calon cinta Holmes dalam adaptasi kontemporer.

Lokasi Holmes

Selain mengenali tokoh-tokoh penting dalam novel Sherlock Holmes, tidak ada salahnya mengetahui beberapa setting lokasi yang muncul.

  • London, Inggris

London menjadi lokasi paling penting dalam novel Sherlock Holmes. Bahkan, 221B Baker street, kediaman Sherlock Holmes pun ada di kota ini. London menjadi setting lokasi pada novel pertama Sherlock Holmes, yakni A study in Scarlet serta cerita lainnya.

  • Sussex, Inggris

Kota yang berada di wilayah tenggara Inggris ini beberapa kali muncul dalam cerita Sherlock Holmes. Dalam novelThe Valley of Fear, Sussex menjadi lokasi pembunuhan John Douglas, seorang jutawan kaya raya. Kota ini juga menjadi setting lokasi dalam cerita The Sussex Vampire.

  • Reichenbach Falls, Swiss

Air terjun Reichenbach di Swiss juga menjadi lokasi penting dalam cerita Sherlock Holmes. Dalam The Adventure of The Final Problem, Sherlock Holmes bertemu dengan musuh besarnya, Moriarty. Mereka berkelahi secara sengit dan jatuh bersama ke jurang air terjun tersebut.

  • Devon, Inggris

Devon, Inggris muncul dalam novel Sherlock Holmes yang berjudul The Hound of The Baskervilles. Cerita novel ini menampilkan sosok binatang buas yang mengintai Dartmoor, wilayah dataran tinggi di sebelah selatan Devon.

Reporter: Adinda Catelina Fadjrin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini