Mengenal Legenda Juventus Alessandro Del Piero

Baca Juga

MATA INDONESIA, TURIN – Nama Alessandro Del Piero tak bisa dipisahkan dari Juventus. Selama kariernya, Del Piero paling lama memperkuat klub asal Turin tersebut.

Selama 19 tahun membela Juventus, Del Piero mencetak 290 gol dari total 705 laga di semua ajang. Peraih capocannoniere atau topskorer tahun 2007 dan 2008 itu layak disebut sebagai kapten sejati Bianconeri.

Del Piero bukan hanya legenda klub berjuluk Nyonya Tua ini, tapi juga timnas Italia. Namanya sulit dipisahkan dari Bianconeri dan Azzurri. Bahkan, Del Piero dijuluki sebagai Mr Juventus. Dia pemegang rekor pencetak gol terbanyak sepanjang masa juga catatan penampilan terbanyak.

Del Piero memang bukan memulai kariernya di klub zebra ini. Dia sempat bermain dua musim bersama Padova di Serie A. Tapi, loyalitasnya terhadap Bianconeri tak diragukan. Del Piero masih setia berkostum hitam putih ketika klub ini terdegradasi ke Serie B akibat skandal Calciopoli atau pengaturan skor.

Prestasi Del Piero di antaranya enam gelar Serie A, trofi Liga Champions, dan titel Piala Dunia bersama timnas Italia. Del Piero juga dua kali menyabet penghargaan pemain terbaik Serie A. Walau tidak menutup kariernya di Juventus, cinta Alessandro Del Piero tak perlu diragukan. Begitu juga sebaliknya.

Pada laga perpisahan, Juventus menyiapkan jersey khusus yang bertuliskan 12 September 1993-20 Mei 2012. Tak heran, banyak tokoh-tokoh sepak bola mengagumi sosok Del Piero baik kawan maupun lawan. Mereka bukan hanya mengagumi skill-nya, tapi juga loyalitasnya.

Karier klub Del Piero

Padova (1991-1993)
Juventus (1993-2012)
Sydney FC (2012-2014)
Delhi Dynamos (2014)

Penulis : Faddly Rhamadan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini