MATA INDONESIA, JAKARTA – Nama Alessandro Del Piero tak bisa dipisahkan dari Juventus. Selama kariernya, Del Piero paling lama memperkuat klub asal Turin tersebut.

Selama 19 tahun membela Juventus, Del Piero mencetak 290 gol dari total 705 laga di semua ajang. Peraih capocannoniere atau topskorer tahun 2007 dan 2008 itu layak disebut sebagai kapten sejati Bianconeri.

Del Piero bukan hanya legenda Juventus, tapi juga timnas Italia. Namanya sulit dipisahkan dari Bianconeri dan Azzurri. Bahkan, Del Piero dijuluki sebagai Mr Juventus. Dia pemegang rekor pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Juventus, juga catatan penampilan terbanyak.

Del Piero memang bukan memulai kariernya di Juventus. Dia sempat bermain dua musim bersama Padova di Serie A. Tapi, loyalitasnya terhadap Bianconeri tak diragukan. Del Piero masih setia berkostum hitam putih ketika Juventus terdegradasi ke Serie B akibat skandal Calciopoli atau pengaturan skor.

Prestasi Del Piero bersama Juventus di antaranya enam gelar Serie A, trofi Liga Champions, dan titel Piala Dunia bersama timnas Italia. Del Piero juga dua kali menyabet penghargaan pemain terbaik Serie A. Walau tidak menutup kariernya di Juventus, cinta Alessandro Del Piero tak perlu diragukan. Begitu juga sebaliknya.

Pada laga perpisahan, Juventus menyiapkan jersey khusus yang bertuliskan 12 September 1993-20 Mei 2012. Tak heran, banyak tokoh-tokoh sepak bola mengagumi sosok Del Piero baik kawan maupun lawan. Mereka bukan hanya mengagumi skill-nya, tapi juga loyalitasnya.

Karier klub Del Piero

Padova (1991-1993)
Juventus (1993-2012)
Sydney FC (2012-2014)
Delhi Dynamos (2014)

Penulis : Faddly Rhamadan

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here