Mantap, 3 Negara di Asia Rajai Paspor Terkuat di Dunia!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Paspor adalah kunci bagi setiap warga negara yang ingin bepergian ke luar negeri. Namun, beberapa paspor dianggap “lebih kuat” daripada yang lain. Paspor paling kuat di dunia adalah yang menawarkan kebebasan perjalanan terbesar.

Paspor terkuat adalah yang memungkinkan pemegangnya memasuki sebagian besar negara dengan mudah tanpa persyaratan masuk tambahan, seperti visa. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi kebebasan bepergian dan kekuatan paspor.

Henley Passport Index (HPI), yang disusun oleh Henley & Partners, dianggap sebagai otoritas kekuatan paspor. HPI memberi peringkat pada setiap paspor di dunia berdasarkan kebebasan bepergian yang diizinkannya.

Bagaimana Mengukur Kekuatan Paspor?

Semua negara berdaulat mengeluarkan paspor untuk warganya. Dokumen-dokumen ini penting untuk bepergian ke negara lain. Namun, banyak destinasi juga mengharuskan pengunjung memiliki visa untuk masuk.

Dalam beberapa kasus, kebijakan visa suatu negara memungkinkan wisatawan dari negara tertentu untuk berkunjung tanpa visa untuk jangka waktu tertentu. Hal ini biasanya karena kesepakatan antara dua negara yang bersangkutan.  Semakin banyak negara yang dapat diakses traveler tanpa visa, maka semakin kuat paspor mereka.

Henley Passport Index mengurutkan paspor berdasarkan jumlah pemegang destinasi yang dapat masuk tanpa mengajukan permohonan visa terlebih dahulu (termasuk visa kedutaan dan visa online).

HPI memberi peringkat tinggi pada paspor jika memungkinkan pemegangnya mengunjungi banyak negara dengan salah satu kriteria masuk berikut:

  • Hanya paspor
  • Electronic travel authorization (ETA) / pengabaian visa online
  • Visa pada saat kedatangan

Paspor Terkuat di Dunia

Cari tahu peringkat negara dengan paspor terkuat di dunia untuk tahun 2021 di bawah ini.

  1. Jepang (191 destinasi)

Jepang menduduki puncak daftar paspor paling kuat di dunia untuk tahun 2021. Jika Anda memiliki paspor Jepang, maka Anda beruntung karena 191 tujuan di seluruh dunia akan menawarkan Anda akses bebas visa saat kedatangan. Jadi lepaskan imajinasi liburan Anda dan segera kemasi tas Anda.

  • Singapura (190 destinasi)

Singapura berada di posisi kedua dengan skor 190. Singapura sebagai kota paling modern di Asia Tenggara tidak hanya menjadi tujuan belanja terbaik bagi para wisatawan tetapi juga menampilkan perpaduan berbagai budaya dan agama menjadikannya kota multikultural.

Berada di posisi kedua dengan skor 190, yang berarti warga negara Singapura dapat melakukan perjalanan ke 190 negara bebas visa atau akses visa-on-arrival ke 190 tujuan di seluruh dunia.

  • Korea Selatan (189 destinasi)

Korea Selatan  bersama dengan Jerman berada di posisi ketiga dengan skor 189. Korea Selatan tidak diragukan lagi adalah negara yang kontras dengan tempat-tempat wisata, mulai dari kuil Buddha, puncak gunung kuno seperti Bulguksa, hingga gedung pencakar langit ultra-modern Seoul seperti Menara Lotte World dan banyak lagi.

Dengan sejarahnya yang panjang dan mempesona, budaya yang semarak, dan makanan yang lezat, Korea Selatan menawarkan semua yang diinginkan wisatawan.

  • Italia (188 destinasi)

Italia bersamaan dengan Finlandia, Spanyol dan Luksemburg berada di posisi selanjutnya dengan skor 188. Ada banyak hal di sini, seperti makanan, anggur, sejarah, seni dan arsitektur, serta kota-kota lereng bukit kuno di Tuscany.

  • Denmark (187 destinasi)

Berbagai macam pesona Denmark telah dikenal dengan jelas bagi khalayak global, terutama belakangan ini. “Sayap Eropa” Skandinavia menawarkan pantai yang indah, istana dongeng yang indah, hutan lebat, iklim sedang, dan warga yang ramah. Denmark berbagi skornya dengan negara Austria.

  • 10 daftar paspor terkuat di dunia juga termasuk yang dikeluarkan oleh negara Inggris dan Amerika Serikat (AS). Terdapat relatif sedikit negara dengan persyaratan visa untuk orang Amerika. Pemegang paspor AS dapat mengunjungi 185 tujuan di seluruh dunia tanpa visa.

Demikian pula, persyaratan visa untuk warga negara Inggris, tanpa visa mereka bisa mengunjungi 185 negara dan wilayah.

  • Paspor yang dikeluarkan oleh negara New Zealand berbagi tempat di posisi ke-7 dengan Belgia dan Swiss.
  • Sementara itu, paspor untuk negara Australia dan Kanada masuk sebagai paspor terkuat ke-8 di dunia, yang memungkinkan warganya dapat mengakses ke 184 tujuan di seluruh dunia tanpa visa.

Reporter: Sheila Permatasari

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Ciptakan Generasi Muda Aceh yang Unggul dan Berdaya Saing

Adanya program Aneuk Muda Aceh Unggul dan hebat (AMANAH) penting untuk meningkatkan kompetensi dan kepemimpinan anak muda Aceh. Program...
- Advertisement -

Baca berita yang ini