Lulusan UGM, Banyak Hasilkan Tokoh Nasional

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan  universitas nomor satu di Indonesia di tahun 2017. Saat itu UGM berhasil mengalahkan Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Indonesia (UI).

UGM yang terletak di Yogyakarta ini memang dikenal memiliki banyak prestasi. Tak cuma itu, salah satu universitas di Indonesia yang mencetak banyak alumni penting untuk bangsa. Dilansir dari berbagai sumber, berikut tokoh-tokoh terkenal yang merupakan alumni UGM.

Joko Widodo

Presiden Republik Indonesia ini sudah cukup jelas, ia adalah lulusan Fakultas Kehutanan UGM. Jokowi merupakan lulusan UGM angkatan 1980. Sebelum menjabat sebagai presiden, ia pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Wali Kota Solo, dan pengusaha mebel.

Anies Baswedan

Anies merupakan lulusan Fakultas Ekonomi UGM. Sekarang ia menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ia pernah menjadi Menteri Pendidikan 2014-2016, rektor di Universitas Paramadina, dan pencetus gerakan Indonesia Mengajar.

Ganjar Pranowo

Pria yang sekarang menjabat sebagai Gubernur Jawa tengah ini tercatat menjadi lulusan Fakultas Hukum UGM tahun 1995. Ganjar juga dikenal sebagai ketua KAGAMA (Keluarga Alumni Gadjah Mada). Sebelum menjadi gubernur, ia sempat menjadi anggota DPR RI tahun 2004-2013.

Sri Sultan Hamengku Buwono X

Raden Mas Herjuno Darpito atau dikenal dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X merupakan lulusan Fakultas UGM yang lulus pada 1982. Fakta unik, ia merupakan contoh nyata dari “mahasiswa abadi”. Hal tersebut terjadi karena ia belajar politik dengan ayahnya di Jakarta selama 10 tahun.

Pratikno

Menteri Sekretaris Negara 2014-sekarang ini tercatat sebagai lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) UGM, jurusan Ilmu Pemerintahan. Sebelum menjabat sebagai menteri, ia merupakan rektor UGM tahun 2012-2014, dekan FISIPOL tahun 2008-2012.

Retno Marsudi

Wanita ini merupakan lulusan FISIPOL UGM, jurusan Ilmu Hubungan Internasional yang lulus pada 1985. Sekarang Retno menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dan menjadi perempuan pertama pada posisi tersebut. Sebelum menjabat, ia adalah pegawai karier di Kementerian Luar Negeri.

Budi Karya Sumadi

Budi merupakan alumni lulusan Fakultas Teknik UGM, jurusan Arsitektur pada 1981. Ia sekarang menjabat sebagai Menteri Perhubungan. Sebelum menjabat sebagai menteri, ia bekerja di berbagai Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah.

Selain nama-nama di atas, UGM masih memiliki deretan tokoh-tokoh terkenal di berbagai bidang, seperti Putu Wijaya (Penulis, Sutradara, dan Pelukis), Umar Kayam (Budayawan dan Sosiolog), Amien Rais (mantan Ketua Muhammadiyah, Ketua MPR, dan mantan dosen FISIPOL UGM), Jakob Oetama (pendiri surat kabar Kompas), Sapardi Djoko Damono (Penulis sajak).

Reporter : Afif Ardiansyah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini