Layak Dicoba, Ini 5 Jamu Asli Indonesia yang Menyehatkan
Jamu Kunyit Asam (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jamu merupakan olahan tradisional herbal khas Indonesia dan banyak dikonsumsi masyarakat. Walaupun saat ini sudah banyak produksi Jamu dari pabrik, tetapi masih ada orang yang gemar minum jamu racikan alami yang dijual penjual Jamu.

Berikut 5 jamu asli buatan Indonesia :

1. Kunyit Asam
Jamu kunyit Asam menjadi favorit masyarakat, terutama kaum hawa. Jamu ini berbahan dasar dari kunyit dan asam jawa, yang ditambahkan rempah–rempah seperti temulawak, biji kedaung dan gula merah.

Jamu kunyit asam memiliki banyak manfaat, mulai dari mampu meredakan nyeri dan menurunkan berat badan. Sementara untuk kaum hawa sangat membantu meredakan nyeri haid.

Selain itu, kunyit asam juga bisa digunakan untuk mengerluakan racun dari tubuh dan dapat membantu mencerahkan kulit.

2. Beras Kencur
Jamu beras kencur biasanya diberikan kepada anak-anak untuk meningkat nafsu makan. Beras kencur juga bermanfaat untuk menghilangkan pegal–pegal dan membuat kondisi tubuh lebih bugar.

Jamu ini berbahan dasar alami yaitu beras, kencur, Jahe dan gula merah serta tambahan rempah-rempah seperti Biji kedawung, rimpang jahe, sari asam dan biji kapulaga.

3. Pahitan
Jamu Pahitan, dari namanya saja sudah menunjukkan bahwa minuman jamu ini terasa pahit sesuai namanya. Pahitan disebut sebagai Jamu yang paling pahit diantara jamu yang lain. Walaupun rasanya sangat pahit, Jamu ini paling banyak memiliki banyak manfaat. Mulai dari daun Sambiloto atau brotowali, kedua bahan tersebut memiliki cita rasa sangat pahit.
Tapi tak disangka dengan rasa pahitnya, banyak manfaat seperti menambah nafsu makan, mengatasi pegal – pegal, mencegah risiko Diabetes serta dijadikan sebagai metode terapi cuci darah. Untuk kalian yang tidak suka pahit, Jamu pahitan ini bisa dicampur dengan kunyit asam. Tentunya untuk alternatif bagi masyarakat yang tidak kuat denga rasa pahit .

4. Temulawak
Jamu ini berbahan dasar Temulawak, yang ditambahkan dengan asam jawa, gula aren, daun pandan dan Jinten. Bisa dikonsumsi mulai dari anak–anak, remaja sampai orang tua.

Jamu ini mampu menyembuhkan maag, ganguan ginjal maupun empedu, sakit kepala, perut kembung dan mencegah timbulnya jerawat.

5. Jamu uyup–uyup
Jamu uyup-uyup atau jamu gepyokan ini sangat bermanfaat untuk ibu yang sedang menyusui karena dapat melancarkan ASI. Jamu ini terbuat dari akar–akaran, jahe, lengkuas, daun atuk, cabe puyang temugiring, bangle dan kunyit.

Reporter: Indah Nursaliha

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here