Keutamaan Meninggal di Bulan Ramadan, Seperti Ani Yudhoyono

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari ini, 6 Juli 2020 adalah peringatan milad almarhumah Kristiani Herrawati atau Ibu Ani Yudhoyono, istri dari Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Bu Ani wafat pada 1 Juni 2019 lalu, tepat di bulan suci Ramadan. Dalam Islam, meninggal dunia di bulan Ramadan diyakini sebagai berkah dan ruh akan mendapat banyak keringanan.

Apa saja keutamaan meninggal di bulan Ramadan, seperti Ibu Ani Yudhoyono?

Rasulullah Muhammad SAW bersabda:

“Bulan Ramadhan telah tiba menemui kalian, bulan (penuh) barokah, Allah wajibkan kepada kalian berpuasa. Pada bulan ini pintu-pintu langit dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, setan-setan durhaka dibelenggu. Di bulan ini, Allah memiliki malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang terhalang mendapatkan kebaikan malam itu, sungguh dia terhalang dari kebaikan yang banyak.” (HR. Nasa’i, no. 2106, Ahmad, no. 8769. Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib, no. 999).

Hadits ini menunjukkan keutamaan-keutamaan. Ramadan, tak terkecuali mereka yang meninggal pada bulan yang suci.

Kemudian, hadits lain menunjukkan, pada bulan Ramadan, Allah SWT membebaskan beberapa orang dari siksa neraka.

Ibu Ani Yudhoyono. (demokrat tv)

Rasulullah Muhammad SAW bersabda:

”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” (HR. Al Bazaar, dari Jabir bin ‘Abdillah).

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antisipasi Daging Sapi Terjangkit Antraks, Pemkot Jogja Sidak Pedagang Pasar

Mata Indonesia, Gunung Kidul - Kasus antraks yang terjadi di Gunungkidul dan Sleman diantisipasi lebih cepat oleh Pemkot Jogja. Meski Kementan sudah menggerakkan jajarannya termasuk Pemkab Gunungkidul untuk memvaksinasi hewan ternak warga, antisipasi oleh pemerintah wilayah lain juga harus dilakukan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini