Ketika Game di Ponsel Mengancam Eksistensi PS dan XBox
Ilustrasi main game di ponsel (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Keberadaan smartphone di masa kini cukup mengubah alur bisnis dunia game. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Juniper Research, diketahui bahwa angka unduh aplikasi game untuk smartphone dan tablet bakal terus meningkat hingga empat tahun ke depan. Bahkan, diperkirakan hal ini akan menggeser keberadaan konsol game seperti PlayStation dan Xbox. Mengapa?

Game di ponsel gratis
Menurut penelitian tersebut, peningkatan ini disebabkan karena adanya penggunaan model bisnis freemium yang diterapkan para developer game di smartphone. Dengan hal ini, pengguna bisa bermain secara gratis.

Platform game di ponsel berlimpah
Alasan lain mengapa game mobile akan lebih digandrungi ketimbang game konsol adalah masalah platformnya.
Seperti kita ketahui, berbeda dengan game konsol, game smartphone tersedia hampir di seluruh platform yang ada. Ambil contoh saja Mobile Legends. Game Moba ini yang sangat laris ini tercatat tersedia hampir di seluruh platform smartphone.

Selain Mobile Legends muncul Genshin Impact. Game ini ramai diperbincangkan karena memiliki gameplay yang mirip dengan Zelda: Breath of the Wild yang hanya ada di konsol Nintendo Switch.

Bagaimana dengan Nintento Switch Lite?
Secara logika, memang terkesan konyol jika kita membandingkan antara Nintendo Switch yang merupakan konsol genggam dengan smartphone. Karena fungsi dan pangsa pasar kedua perangkat elektronik tersebut sudah jelas berbeda.

Akan tetapi, mulai menjamurnya para gamer android, seakan dengan perlahan mengikis kepopuleran konsol genggam yang dahulu sangat Berjaya.

Keberadaan smartphone kini memang banyak mengubah dunia, di mana fungsi handphone yang awalnya tidak memiliki fungsi multitasking seperti saat ini, sekarang telah menjelma menjadi sebuah ponsel pintar yang bisa mengakomodasi segala kebutuhan kita.

Reporter: Irfan Maulana

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here