Peta Indonesia dengan ukiran batik
Peta Indonesia dengan ukiran batik (foto: istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indonesia dikenal dengan sebutan Tanah Air. Ini dikarenakan sekitar 65 persen dari wilayah Indonesia tertutup oleh air dan menyisakan hanya 35 persen wilayah daratan.

Indonesia yang memiliki 17.504 pulau ini, sesuai data Kementerian Kelautan dan Perikanan, menjadi negara kepulauan terbesar di dunia.

Dengan kondisi wilayah yang luas, tentunya perbatasan wilayah menjadi hal yang sangat penting. Setiap negara di dunia harus memiliki batas wilayah untuk menandai wilayah mana yang masuk ke negara masing-masing.

Bentuk dari perbatasan suatu wilayah negara juga beragam, ada yang dipagari dengan kawat berduri, tembok, atau bahkan benteng. Ada pula yang hanya diberi garis dan terdapat pos penjagaan. Semuanya tergantung tingkat kerawanan perbatasan tersebut.

Secara geografis, Indonesia terletak di antara benua Asia dan Australia serta berada di antara dua samudera, yakni Samudera Hindia dan Pasifik.

Letak yang strategis ini menyebabkan Indonesia menjadi salah satu pusat perdagangan yang penting di Asia.
Berikut ini batas-batas wilayah Tanah Air yang mencakup batas darat dan laut:

1. Batas Wilayah Indonesia Bagian Utara

Batas wilayah Indonesia paling utara adalah pulau Miangas yang terletak di kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Pulau ini merupakan pulau yang dihuni oleh sekitar 728 orang pada tahun 2010.

Dari segi perbatasan darat, Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia, tepatnya dengan Sarawak dan Sabah di Kalimantan. Sementara perbatasan laut Indonesia sebelah utara adalah Selat Malaka, Laut Natuna, dan Laut Sulawesi.

Daerah ini berbatasan langsung dengan wilayah perairan lima negara, yaitu Thailand, Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Filipina.
Perbatasan laut utara Indonesia sangat penting untuk sektor ekonomi karena Selat Malaka menjadi salah satu pusat perdagangan dunia.

Laut Natuna kaya akan gas alam, dan Laut Sulawesi memiliki sumber daya alam hayati yang melimpah.

2. Batas Wilayah Indonesia Bagian Timur

Wilayah paling timur Indonesia sendiri adalah Merauke yang terletak di Papua. Provinsi ini berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Sementara wilayah laut Indonesia berbatasan langsung dengan perairan internasional yakni Samudera Pasifik.

Daerah perbatasan di Papua memiliki banyak sumber daya mineral dalam bentuk emas dan tembaga. Selain itu, banyak pula perusahaan migas yang mengeksplorasi Papua dan perairan di sekitarnya untuk menemukan ladang minyak dan gas alam baru.

3. Batas Wilayah Indonesia Bagian Selatan

Batas wilayah Indonesia paling selatan adalah pulau Dana, yang terletak di sebelah selatan pulau Rote. Pulau kecil yang tidak berpenghuni tetap ini berjarak sekitar 120 km dari Kota Kupang dan berbatasan langsung dengan perairan Australia.

Indonesia juga berbatasan langsung dengan Timor Leste yang sebelumnya merupakan provinsi di Indonesia yang bernama Timor Timur.

Dari segi perbatasan laut, Indonesia berbatasan langsung dengan samudera Hindia dan perairan Australia di dekat laut Arafura.

4. Batas Wilayah Indonesia Bagian Barat

Wilayah Indonesia yang paling barat adalah pulau Rondo, salah satu pulau terluar di Indonesia. Harusnya, pulau ini menjadi titik 0 Indonesia, namun karena akses yang sangat sulit, kilometer 0 Indonesia dipindahkan ke Sabang.

Dari segi perbatasan darat, Indonesia tidak berbatasan langsung dengan negara manapun di sebelah barat. Hal ini dikarenakan sebelah barat Indonesia adalah Laut Andaman, Samudera Hindia, dan Teluk Benggala.

Daratan terdekat dengan bagian barat Indonesia adalah India dan kepulauan Andaman, namun tidak berbatasan langsung. Daerah Indonesia yang paling dekat kepulauan Andaman adalah Pulau Rondo.

Reporter: Safira Ginanisa

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here