Kawasan ini Terlarang untuk Dilintasi Pesawat Terbang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA– Penggunaan alat transportasi udara sudah popular sejak abad ke 17. Pada masa itu manusia terbang dengan pesawat menggunakan udara yang dipanaskan.

Meski yang kita ketahui, pesawat dapat melintasi semua tempat di bumi tanpa ada hambatan. Nyatanya, transportasi udara juga mempunyai beberapa aturan dalam penerbangan, salah satunya area yang tidak boleh dilintasi pesawat. Zona larangan terbang dibentuk demi menjaga keamanan dan keselamatan dalam suatu perjalanan, agar pesawatnya sampai tujuan dengan selamat tanpa terganggu apapun.

Larangan ini biasanya digunakan untuk melestarikan kawasan lindung seperti sejarah, konflik, non konflik, keselamatan udara, dan kepedulian lingkungan. Area yang dilarang pesawat melintasinya dibuat dengan berbagai macam alasan. Penerapan zona larangan terbang juga harus disesuaikan dengan sewajar mungkin, agar tidak mengganggu navigasi penerbangan. Dalam hal ini maskapai penerbangan dan pilotnya harus mematuhi aturan tersebut. Berikut zona yang dilarang dilintasi pesawat terbang:

Pertama, Rumah Lionel Messi. Meski memiliki rumah di kawasan Gava, yang tak jauh dari Bandara El Prat, Barcelona. Kawasan rumahnya tak boleh dilintasi oleh pesawat terbang. Hal ini bukan karena hak khusus baginya, tetapi lokasi kediamannya merupakan sebuah kawasan yang dilindungi oleh undang-undang Spanyol.

Rumah Kediaman Lionel Messi
Rumah Kediaman Lionel Messi

Karena daerah tersebut berisi flora dan fauna yang hampir punah. Oleh sebab itu, pesawat dilarang melintasi areanya demi memberikan ketenangan kepada flora dan fauna di kawasan tersebut. Rumah seharga 106 miliyar memiliki panorama Laut Balearic dan berbagai macam fasilitas salah satunya lapangan sepak bola mini.

Kedua, Antartika. Antartika adalah Kutub Selatan yang terletak di bagian paling selatan bumi, disebut juga dengan sumbu bumi, dengan letak pada titik 90 derajat lintang selatan. Maskapai penerbangan di dunia dilarang melintasi Antartika, alasannya demi keselamatan penerbangan. Kondisi wilayahnya, tak ada bandara yang memadai sebagai tempat mendarat pesawat dan tidak dihuni orang. Belum lagi pegunungan yang diselimuti oleh salju serta anginnya kencang. Lalu adapun alasan lainnya medan Antartika sangatlah berat bagi pilot untuk melakukan pendaratan darurat serta bantuan yang datang pun sulit untuk menjangkaunya.

Ketiga, Pulau Merritt. Kawasan yang berada di Amerika Serikat ini tak boleh dilintasi pesawat terbang. Sebab pulau ini merupakan markas Kennedy Space Center milik NASA.

Pulau Merrit
Pulau Merrit

Demi menghindari terjadi kecelakaan, pesawat dilarang melintasi daerah tersebut di bawah ketinggian 5000 kaki. Pulau Merrit menjadi zona terbang ‘tanpa batas’, karena jika sewaktu-waktu peluncuran roket dilaksanakan takkan ada pemberitahuan terlebih dahulu. Hal inilah yang membuat pesawat terbang dilarang melintasi pulau tersebut.

Keempat, Pegunungan Himalaya. Salah satu kawasan yang dilarang pesawat melintasi yakni pegunungan Himalaya. Karena pegunungan ini memiliki ketinggian lebih dari 20.000 kaki. Jika  pesawat yang biasanya terbang dengan ketinggian 30.000 kaki tidak diizinkan melintasi kawasan tersebut. Sebab, risikonya dapat menabrak Pegunungan Himalaya yang sangat tinggi. Jadi, tak heran pegunungan ini masuk dalam zona terlarang untuk pesawat. Selain karena risiko kecelakaan, Pegunungan Himalaya dianggap bukan tempat yang aman jika pesawat terpaksa melakukan pendaratan darurat.

Kelima, Disneyland. Taman bermain di Disneyland Anaheim, California dan Walt Disnet Florida melarang adanya penerbangan pesawat di atas kawasan tersebut. Larangan ini berlaku hanya untuk ketinggian 3000 kaki, khususnya di Cinderella Castle. Hal ini diberlakukan demi keamanan taman bermain dan keselamatan wisatawan dari berbagai negara. Serta terdapat beberapa bangunan dan wahana yang cukup menjulang tinggi di kawasan tersebut.

Keenam, Buckingham Palace, Inggris. Kawasan ini tak diizinkan untuk pesawat terbang melintasi daerah ini. Buckingham merupakan salah satu tempat terpenting di Inggris. Karena kawasan ini tempat tinggal keluarga kerajaan Inggris dan pusat administrasi kerajaan. Maka dari itu pesawat tidak boleh melintas di atas istana tersebut demi keamanan dan keselamatan anggota kerajaan.

Ketujuh, Segitiga Bermuda. Zona permukaan laut ini berbentuk segitiga yang membentang dari Bermuda, menuju Puerto Rico dan Miami, terkenal sebagai kawasan yang misterius. Terdapat  banyak pesawat dan kapal yang lenyap tanpa jejak. Ada banyak spekulasi mengapa kawasan ini begitu berbahaya dan dilarang untuk dilintasi, dari spekulasi ilmiah itulah keberadaan gelombang laut, pusaran air, gas methana, gempa laut hingga spekulasi yang menguji akal sehat macam keberadaan markas Jin dan lorong waktu. Hal tersebutlah, yang membuat pesawat terbang dilarang melintasi kawasan tersebut.

Reporter: Azizah Putri Octavina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini