Intip Awal kemunculan YouTube Gaming

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – YouTube Gaming kini telah menjadi salah satu sumber matapencaharian dan menjadi salah satu hal penting dalam industri hiburan.

Awal kemunculan YouTuber Gaming dimulai pada tahun 2006. Saat itu, YouTube adalah situs web yang menampung berbagai macam video buatan sendiri yang diunggah oleh orang-orang dengan keinginan untuk menyiarkan kehidupan sehari-hari mereka. Awalnya, video game diunggah hanya selama beberapa menit dalam kualitas rendah.

Dilansir dari situs The Emory Wheel, namun pemberian komentar tentang gameplay di YouTube baru dimulai pada tahun 2008. Saat itu, seorang pria bernama Anthony alias Blame Truth, memutuskan untuk mulai berkomentar tentang gameplay. Dia mengambil gameplay dari Call of Duty 4: Modern Warfare dan menambahkan suaranya di belakangnya, berbicara tentang strateginya dalam game dan memberikan tip untuk pemain baru. Aksinya pun mulai diikuti orang-orang. Namun, cara mereka menyatukan penonton masih dalam pendekatan yang tidak terlalu pribadi.

Kemudian Bruce atau xcalizorz, memutuskan untuk mengambil rute yang lebih obyektif di kanalnya. Dia memutuskan untuk membuat serial yang belum diedit dalam perjalanannya melalui 55 level Call of Duty 4: Modern Warfare, yang dikenal sebagai “Road to Commander.” Meskipun serial ini tidak memiliki komentar, para gamer sangat ingin melihat setiap momen permainan dengan keaslian (seperti yang ditunjukkan di bagian komentar video) – setiap permainan yang baik dan buruk tanpa pengeditan.

Dia kemudian mulai merekam video “Let’s Play”, serial panjang berisi komentar yang mencakup seluruh mode cerita game. Video-video ini menghasilkan banyak views, karena reaksi pemain yang belum diedit hingga momen tak terduga dalam game favorit mereka, yang membawa rasa keaslian dan humor pada video tersebut.

Akhirnya, komentar gameplay menjadi sangat populer sehingga seluruh perusahaan berkembang di sekitarnya. Pengguna seperti Hutch, SeaNanners, Xcalizorz dan WoodysGamertag bergabung dengan perusahaan di kanal YouTube-nya, Machinima dan Machinima Respawn. Gamer dibayar untuk video yang mereka posting ke kanal, yang meningkatkan insentif untuk membuat lebih banyak video dan memperoleh lebih banyak penayangan.

Nah, para YouTuber seperti PewDiePie dan SeaNanners mulai mendapatkan jutaan dan jutaan subscriber dan viewer di channel mereka, yang terdiri dari video-video gameplay dari berbagai game indie dan PC bersama teman-teman.

Meski videonya sederhana, namun memberikan getaran yang menyenangkan dan bebas stress. Namun, gamer YouTube saat ini lebih terbuka untuk mengekspresikan diri, dan sebagian besar video game di YouTube berfokus pada kesenangan daripada keterampilan dan daya saing.

Reporter: Ananda Salsabila Nadira

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini