Ilustrasi budaya Kazakhstan (pinterest)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Selain terkenal sebagai negara yang memiliki wanita cantik-cantik, Kazakhstan memiliki berbagai budaya yang menarik. Budaya di negara ini mulai dari makanan tradisional, gaya hidup hingga baju tradisional.

Kazakhstan memiliki budaya berdasarkan pastoral nomaden penduduknya. Daging domba menjadi makanan tradisional yang mempertahankan nilai simbolis budaya Kazakh. Budaya Kazakh sebagian besar dipengaruhi olehgaya hidup nomaden Turki dan Scythians nomaden.

Sebagian besar praktik nomaden dan adat istiadat Kazakh berkaitan dengan ternak. Peternakan merupakan pusat gaya hidup tradisional orang Kazakh. Kutukan dan berkah tradisional menyebabkan penyakit atau kesuburan antara hewan dan perilaku yang baik mengharuskan seseorang bertanya terlebih dahulu tentang kesehatan ternak.

Hunian tradisional Kazakh adalah Yurt. Hunian ini merupakan tenda yang terdiri dari kerangka kerja yang fleksibel. Kayu willow ditutupi dengan berbagai ketebalan. Bagian atas yang terbuka digunakan untuk membuat asap dari perapian pusat keluar.

Suhu dan aliran udara di hunian ini dapat dikontrol dengan penutup yang menambah atau mengurangi ukuran bukaan. Yurt dapat didinginkan di musim panas dan dihangatkan di musim dingin.

Selain itu, hunian ini juga dapat dibongkar atau dipasang dalam waktu kurang dari satu jam. Bagian dalam yurt memiliki makna ritual, sedangkan sisi kanannya disediakan untuk pria dan kiri untuk wanita. Yurt juga sering digunakan sebagai motif dekoratif di restoran dan bangunan umum lainnya.

Selain makanan dan hunian, terdapat pakaian tradisional Khazakhstan. Pakaian tradisional ini sudah ada dari zaman Kazakhs-Khanate. Pada abad 15 hingga 19 Masehi, pakaian mereka dibuat dari bahan kualitas terbaik, mulai dari bulu binatang hingga hiasan emas. Namun seiring perkembangan zaman, bahan pembuatan pakaian berubah jauh lebih sederhana.

Terdapat pakaian tradisional bernama Kunikey. Kunikey berarti sinar matahari dalam bahasa Kazakhstan. Baju ini selalu dibuat dari kain warna-warni, serupa bias cahaya matahari. Kunikey memiliki manik-manik aneka warna dan ornament khas Kazakhstan.

Reporter : Ade Amalia Choerunisa

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here