Inilah Alasan Mengapa Ada Peringatan Hari Introvert

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Dalam psikologi, ada sebuah pengelompokkan kepribadian manusia yang terbagi menjadi tiga. Yaitu ekstrovert, ambivert, dan introvert.

Ekstrovert adalah jenis kepribadian yang ramah. Senang bersosialisasi, terbuka, dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap segala hal yang terjadi di sekitar mereka.

Ambivert adalah jenis kepribadian yang menggabungkan kepribadian ekstrovert dan introvert.

Sementara introvert, adalah jenis kepribadian yang suka merenung, cenderung pendiam, dan lebih menyukai kesendirian.

Lantas, tahukah kamu bahwa salah satu dari tiga jenis kepribadian tersebut memiliki hari perayaannya sendiri?

Ya, introvert memiliki hari peringatannya sendiri.  Yakni Hari Introvert Sedunia (World Introvert Day). Peringatannya setiap tanggal 2 Januari.

Peringatan Hari Introvert Sedunia telah mulai sejak tahun 2011. Mengenai asal-usulnya, pencetusnya adalah Felicitas Heyne, seorang psikolog sekaligus penulis. Ia juga menjadi anggota afiliasi internasional American Phsychological Association (APA).

Kala itu, ia memosting sebuah tulisan di blognya yang berisi kata-kata penyemangat untuk para introvert. Ia ingin memberikan energi positif agar dapat menginspirasi orang lain, sekaligus membuktikan bahwa seorang introvert bukanlah sosok yang aneh.

Karena faktanya, selama ini mereka seringkali di cap sebagai orang yang menutup diri, anti-sosial, bahkan terkadang sebagai orang yang bodoh. Ya, seorang introvert akan terkesan bodoh dan kikuk jika berada di keramaian.

Namun itu adalah kondisi alamiah. Mengingat jenis kepribadian ini memang sulit berkonsentrasi jika berada di keramaian. Karena pada dasarnya ia adalah penyuka kesendirian.

Untuk itulah Heyne ingin memberikan energi positif dan membangkitkan rasa percaya diri. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa perlu ada peringatannya.

Untuk mengetahui seperti apa jenis kepribadian introvert, ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  1. Lebih senang menghabiskan waktunya sendiri
  2. Senang merenung
  3. Mudah terdistraksi jika berada di lingkungan yang ramai
  4. Tidak suka menjadi pusat perhatian
  5. Lebih suka bekerja di lingkungan yang tenang, mandiri, dan bekerja di lingkup yang kecil
  6. Selalu berpikir terlebih dahulu sebelum berucap atau bertindak
  7. Lebih senang berada di lingkup pertemanan yang kecil namun berkualitas

Seorang introvert sebenarnya memiliki banyak kelebihan. Di antaranya mampu berpikir kreatif. Memiliki kemampuan mengamati yang baik. Cenderung hati-hati dan tidak gegabah.  Lebih mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Serta memiliki hubungan pertemanan yang lebih intim dan awet.

Reporter: Intan Nadhira Safitri

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini