Ini Perbedaan Anglikan dan Gereja Katolik Roma

Baca Juga

MATAINDONESIA, JAKARTA – Anglikan atau protestan dan Katolik adalah dua agama yang sama, namun dengan prinsip iman yang berbeda. Awalnya, Protestan dan Katolik adalah agama Katolik. Secara fisik, tidak mudah membedakan kedua agama ini.

Gereja Anglikan adalah gereja-gereja yang dibangun berdasarkan praktek, liturgi dan identitas Gereja Inggris. Sedangkan gereja Katolik adalah satu gereja tertua di dalam gereja Kristen yang merupakan gereja terbesar dari segi jumlah anggota jemaat.

Berikut beberapa perbedaannya

  • Perbedaan dalam sistem kepausan

Gereja Anglikan tidak mengakui supremasi paus atau seluruh gereja. Gereja Anglikan percaya, para uskup mereka adalah penerus para rasul di Alkitab. Sementara gereja Katolik, mengakui paus sebagai pemimpin seluruh gereja dan penerus para rasul di Alkitab.

  • Perbedaan dalam sistem kepemimpinan dan organisasi gereja

Dalam gereja Anglikan, sistem kepemimpinannya bersifat hirearkis, mirip dengan gereja Katolik, namun uskup Agung Anglikan tidak mempunyai otoritas sekuat paus. Pusat gereja Anglikan di Canterbury, London, Inggris yang dikepalai ratu Elizabeth. Sedangkan gereja Katolik, kepemimpinannya bersifat hierarkis, pastor, uskup dan kardina. Pusat pemimpin tertinggi di Vatikan, Roma Italia.

  • Perbedaan kitab suci

Di gereja Anglikan, kitab-kitab Deurokanonika sangat dihormati namun tidak dianggap sebagai kitab suci. Sedangkan gereja Katolik terdiri dari 66 kitab PL dan PB, serta Deuterokanonika.

  • Perbedaan hal sakramen gereja

Gereja Anglikan memiliki 2 sakramen utama, yaitu baptisan air dan perjamuan kudus. Mereka juga menghormati 5 sakramen lainnya. Sementara Katolik, terdapat 7 sakramen, yaitu pembaptisan, penguatan, perjamuan kudus, pengakuan dosa, pengurapan orang sakit, imamat dan pernikahan.

Reporter : Ade Amalia Choerunisa

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Uji Coba Blasting Wadas Jadi Tontonan Warga yang Penasaran, Warga Sempat Khawatir

Mata Indonesia - Proses penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah memasuki babak baru. Saat ini proses akan dilakukan pengeboman (blasting) guna membongkar Bangkalan batu andesit.
- Advertisement -

Baca berita yang ini