Ini Organisasi Kepemudaan di Masa Sebelum Kemerdekaan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Organisasi Pemuda di Indonesia dibentuk untuk mempersatukan anak bangsa Indonesia sehingga bisa memperkuat pertahanan dan ketahanan nasional. Nah, dulu dalam sejarahnya, anak muda Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam meraih kemerdekaan bangsa. Akan tetapi ada hal yang lebih mengejutkan dari itu, peran pemuda dalam kemerdekaan sudah ada sejak Kongres Pemuda diadakan pada tahun 1928.

Pada abad kedua puluh, para pemuda di Indonesia sering menggerakkan berbagai kampanye kemerdekaan. Beberapa diantaranya turut aktif mengikuti jejak partai-partai besar yang kala itu berjaya.

Anak muda di Indonesia pun pernah menjadi sorotan media asing, tatkala sering mengangkat senjata dan ikut bergerilya pada masa revolusi fisik sekitar tahun 1946-1949. Perjuangan itu kembali disoroti tatkala pemuda yang diorganisir mahasiswa, banyak melakukan berbagai aksi unjuk rasa menuntut turunnya presiden kedua RI, pada tahun 1998. Di Indonesia, pengertian anak muda adalah warga yang berusia antara 15 sampai dengan 35 tahun.

Berikut ini organisasi kepemudaan di masa sebelum kemerdekaan

1. Boedi Oetomo

Ini sebenarnya organisasi siswa-siswa sekolah Kedokteran (Stovia). Didirikan pada tanggal 20 Mei 1908 oleh Dr Soetomo dan para mahasiswa Stovia yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji. Organisasi ini lebih cenderung ke bidang sosial, ekonomi, dan kebudayaan. Meski menyuarakan kemerdekaan, organisasi ini tidak bersifat politik.

2. Tri Koro Dharmo

Organisasi ini didirikan R Satiman Wirjosandjojo di STOVIA pada tanggal 7 Maret 1915. Organisasi ini kemudian mengubah nama menjadi Jong Jawa pada kongres di Solo. Alasan organisasi ini didirikan karena banyak anak muda yang berpendapat bahwa Budi Utomo adalah organisasi elite. Tujuan organisasi ini sendiri adalah untuk mencapai kejayaan dengan memperkuat persatuan golongan pemuda.

3. Jong Sumatra Bond (Persatuan Pemuda Sumatra)

Organisasi ini dipelopori oleh Mohammad Yamin dan Mohammad Hatta. Didirikan di Jakarta pada tahun 1917. Tujuan organisasi ini sendiri untuk memperkuat hubungan para pelajar yang berasal dari Pulau Sumatera dan mendidik mereka agar bisa menjadi pemimpin bangsa serta mengembangkan dan mempelajari budaya asalnya.

4. Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia

Organisasi ini didirikan pada bulan September 1926. Tujuan organisasi ini adalah untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan memperkuat persatuan melawan para penjajah.

5. Organisasi Perkumpulan Daerah

Setelah muncul jong jawa dan jong sumatra bond, maka bermunculanlah organisasi lokal kedaerahan lain seperti jong celebes, jong ambon, jong minahasa, dan lain sebagainya.

Reporter: Gilang Permata

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini