Ini Games Garapan Nintendo yang Masih Bertahan Hingga Kini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nintendo memilki banyak permainan. Tak sedikit juga yang sukses di pasaran dan bertahan sampai saat ini. Salah satunya Mario Bros, yang berhasil bertahan sampai sekarang dengan beragam versi.

Sekitar tahun 1970-an, video game mulai populer. Nintendo tertarik membuat video game pada tahun 1975 dengan permainan klasik, Othello. Hal itu menjadi awal kesuksesan bagi Nintendo. Sehingga pada tahun 1980, Shigeru Miyamoto membuat game Donkey Kong yang tak kalah sukses.

  1. Donkey Kong (1981)
Games Favorit Nintendo, Donkey Kong
Games Favorit Nintendo, Donkey Kong

Sama seperti Mario Bros, permainan Donkey Kong diciptakan Shigeru Miyamoto pada 9 Juli 1981. Pada permainan ini terdapat rintangan yang harus dilewati dan dihindari oleh karakter Jumpman (Mario) seorang pria bertopi merah yang harus menyelamatkan Lady (Pauline) dari seekor Gorila bernama Donkey Kong yang menggunakan tong sebagai senjata. Donkey Kong menjadi game arkade yang cepat meraih popularitas, yang setelahnya menyusul permainan Super Mario Bros dan The Legend of Zelda.

  1. Duck Hunt (1984)

Nintendo merilis Duck Hunt pada 21 April 1984. Duck Hunt adalah permainan video penembak senapan ringan. Kemudian permainan ini sebagai game peluncuran untuk NES (Nintendo Entertaintment System) di Amerika Utara pada Oktober 1985. Muncul di Eropa dua tahun kemudian.

Dalam permainan, pemain menggunakan nes zapper dengan kombinasi televisi CRT untuk menembak bebek yang muncul di layar. Bebek yang muncul bisa satu atau lebih. Setelah berhasil menembak bebek, pemain akan menerima poin dan maju ke babak selanjutnya.

  1. The Legend of Zelda (1986)

Kali ini Nintendo membuat permainan video aksi petualangan The Legend of Zelda. Sudah banyak seri dari permainan ini. Menceritakan tentang tanah fantasi kerajaan Hyrule, terdapat karakter laki-laki bernama Link yang mirip seperti peri. Ia mengumpulkan delapan fragmen dari Triforce of Wisdom untuk menyelamatkan Putri Zelda dari karakter antagonis yaitu Ganon. Pada permainan ini, pemain mengarahkan Link dalam mengumpulkan senjata dan mengalahkan musuh serta mengungkap rahasia di sepanjang jalan.

The Legend of Zelda mencapai kesuksesan bagi Nintendo. Game ini terjual lebih dari 6,5 juta kopi, dan sering tampil dalam daftar game video terhebat sepanjang masa.

  1. Kirby (1992)

Sebuah permainan aksi dari Nintendo muncul pada 27 April 1992. Game ini menceritakan tentang pahlawan muda berwarna merah muda bernama Kirby. Ia berusaha untuk menyelamatkan rumahnya di Planet Popstar. Permainan ini penuh dengan teka-teki. Kirby memiliki kemampuan menghirup musuh dan benda ke dalam mulutnya. Jika ia memakan hal-hal tertentu, ia bisa mendapat kekuatan sebagai senjat nya. Serial Kirby sudah mencapai tiga puluh game dan terjual lebih dari 38 juta unit di seluruh dunia.

  1. Pokemon (1996)

Pokemon merupakan singkatan dari Pocket Monsters. Satoshi Tajiri menciptakan ini saat mengajak teman kerjanya di Game Freak yaitu Ken Sugimori untuk membuat game. Di tahun 1989, Tajiri menjadikan Game Freak sebagai perusahaan game developer. Ia lalu mengajukan ide untuk membuat game Pokemon pada Nintendo, pada akhirnya Nintendo setuju untuk menerbitkan game tersebut.

Pokemon rilis bulan Februari tahun 1996 untuk kawasan Jepang sedangkan rilis internasional pada tahun 1998. Nintendo merilis Pokemon Red dan Pokemon Green. Pemain dalam memainkan game ini mengumpulkan para pokemon. Saat itu ada 151 pokemon yang terkumpul, sehingga ini menjadi game sosial.

Reporter: Annisaa Rahmah

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini