Tsunami

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tsunami adalah salah satu bencana paling mematikan di dunia, yang bisa menelan korban dalam jumlah banyak dalam waktu singkat.

Namun, di balik bencana itu, tsunami memiliki dua dampak, yakni positif dan negatif. Berikut penjelasannya.

Dampak Positif Setelah Tsunami :

1. Lapangan Kerja

Sisi positif pertama dari dampak tsunami terciptanya lapangan pekerjaan bagi yang masih hidup. Lapangan kerja yang lama mungkin saja kosong, setelah penghuni sebelumnya misalnya meninggal karena tsunami.

2. Kegunaan Psikologis

Dalam psikologis dampak tsunami dapat menjalin kerjasama dan bahu-membahu untuk menolong korban bencana. Sehingga timbul kesadaran bahwa manusia saling membutuhkan satu sama lain. Tidak heran jika terjadi tsunami silahturahmi sesama masyarakat akan lebih kokoh.

3. Inovasi Baru

Dengan adanya tsunami kita dapat mengambil sisi negatif menjadi hal positif. Karena dari hal itu kita dapat terus belajar dan berinovasi, dengan cara mengetahui sejauh apa kekuatan konstruksi bangunan kita serta kelemahannya. Kemudian kita akan melakukan inovasi baru untuk penangkalan apabila bencana tsunami tersebut terjadi kembali tentunya dengan konstruksi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Dampak Negatif

1. Merusak

Tsunami merupakan naiknya air laut ke permukaan, sehingga apa saja yang dilaluinya dapat habis diterpa oleh tsunami. Misalnya seperti bangunan, tumbuh-tumbuhan serta mengakitbatkan korban jiwa manusia. Selain itu tsunami juga menyebabkan genangan, pencemaran air asin lahan pertanian, tanah dan air bersih.

2. Banyak Memakan Korban Jiwa

Dampak paling mengerikan dari tsunami adalah menelan banyak korban, yang salah satunya bisa saja teman atau keluarga kita. Selain itu banyak tenaga kerja ahli yang menjadi korban dan kita akan sulit mencari lagi tenaga ahli yang sesuai dengan profesi dan bidang pekerjaannya.

3. Merusak Fasilitas dan Tata Kota

Tsunami bisa membuat pemerintah kewalahan dalam melaksanakan pembangunan kota. Karena faktor dana yang dibutuhkan akan lebih besar dibanding pembangunan sebelum adanya bencana tsunami.

4. Bertambahnya Tingkat Kemiskinan

Korban tsunami pasti akan merasakan kehilangan harta bendanya karena habis disapu oleh ombak tsunami. Dampak ini menjadi hal negatif karena bertambahnya tingkat kemiskinan masyarakat yang menjadi korban tsunami tersebut.

Reporter: Reygitha

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here