Ini Asal Usul Nama Enhaii STP Bandung

Baca Juga

MATA INDONESIA, BANDUNG – Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STP) Bandung memiliki rekam sejarah yang cukup panjang. Merujuk situs resminya, cikap bakal berdiri kampus ini bermula dari didirikannya Sekolah Kejuruan Perhotelan (SKP) pada tahun 1959. Sekolah ini merupakan sekolah kejuruan menengah atas kejuruan di bawah naungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemudian, pada tahun 1962 sekolah ini berubah menjadi Sekolah Kejuruan Perhotelan dan Perestoranan (SKPP) di bawah Departemen Perhubungan Darat.

Selanjutnya pada 11 Maret 1963, berkembang menjadi Akademi Perhotelan dan Perestoranan (APP) dengan lama pendidikan 3 tahun sebagai kelanjutan dari SKP.

Lalu pada 8 Maret 1965, Akademi ini (APP) berubah namanya menjadi Akademi Perhotelan Nasional (APN) yang merupakan pendidikan tinggi pertama di indonesia dalam bidang Perhotelan.

Selanjutnya pada 7 Maret 1967, Departemen Perhubungan kemudian menggabungkan APN dan SKPP menjadi Pusat Pendidikan Kepariwisataan (PUSDIKPAR). Namun tak butuh waktu lama, pada 6 Januari 1970, namanya berubah kembali menjadi Akademi Perhotelan Nasional (APN).

Kemudian pada 21 Juli 1973, APN berubah nama menjadi National Hotel Institute (NHI) atau Pusat Pendidikan Perhotelan.

Ketua Program Studi Manajemen Divisi Kamar (MDK) Lucky Karsuki, BA, MM, mengungkapkan bahwa pada tahun itu Pemerintah Indonesia mengadakan kerjasama dengan pemerintah Swiss dalam bidang pendidikan perhotelan.

“Jadi Swiss waktu itu, ada ahli teknologi dari Swiss di kita yang membuat Sekolah Pariwisata. Waktu itu fokusnya yang pertama ke hotel. Namanya Nasional Hotel Institute (NHI). Lalu kita bikin namanya jadi enhaii. Jadi nama enhaii ini untuk mengabadikan awal muasalnya kampus ini,” ujarnya kepada Mata Indonesia di Bandung, 1 September 2020.

Kemudian pada 21 Juli 1979, sejalan dengan kebutuhan tenaga kerja di bidang Pariwisata, NHI dikembangkan menjadi National Hotel & Tourism Institute (NHTI) dengan penambahan jurusan pada Jurusan Usaha Perjalanan (Tours and Travel) dan Bina Wisata (Tourism Management).

Lalu pada 11 November 1981, NHTI berubah menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata Bandung (BPLP Bandung) yang bernaung di bawah Departemen Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi.

Tepat pada 1 November 1993, untuk meningkatkan kualitas pendidikan pariwisata di Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.101 tahun 1993 yang dikeluarkan pada tanggal 1 November 1993, BPLP Bandung berubah menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STP) dengan penambahan pendidikan Diploma IV.

Saat ini di area kampus STP Bandung, berdiri megah sebuah hotel yang diberi nama Enhaii Hotel. Menurut Lucky, hotel tersebut didirikan sebagai sarana praktek bagi para mahasiswa. “Itu laboratorium praktek bagi mahasiswa kami,” katanya.

Menariknya yang bertugas sebagai General Manager adalah salah satu dosen dari kampus. Sementara untuk jabatan manajer dipercayakan kepada beberapa mahasiswa.

”Ada yang jadi manajer untuk akuntingnya dan ada juga yang jadi manajer untuk human resourcenya,” ujar Lucky.

Lucky juga mengungkapkan bahwa kemungkinan besar, ke depan STP Bandung akan berubah nama menjadi Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bandung. Saat ini sudah ada beberapa kampus yang memakai nama ini yaitu Politekpar Bali, Politekpar Makassar, Politekpar Medan, Politekpar Palembang dan Politekpar Lombok.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini