Mendikbud Nadiem Anwar Makarim
Mendikbud Nadiem Anwar Makarim

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, menyebut terdapat 5 pekerjaan yang dianggap paling ‘hot’ di Indonesia. Istilah ‘hot’ diartikan sebagai pekerjaan yang memiliki jumlah peminat dan kebutuhan tenaga kerja paling tinggi di masa mendatang.

Kelima pekerjaan tersebut ialah analis, researcher, UX designer, software engineer, dan product manager. Meski sering diincar, kemampuan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang tersebut masih perlu ditingkatkan di Indonesia. Nadiem mengatakan masih perlu adanya pelatihan khusus yang diselenggarakan oleh perusahaan untuk para karyawannya.

Dapat dijadikan referensi untuk menentukan jurusan pendidikan, berikut adalah spesifikasi dari pekerjaan yang paling ‘hot’ versi Nadiem Makarim.

1. Analis

Apabila diartikan secara bahasa, analis adalah orang yang melakukan analisis. Dalam penerapannya di dunia pekerjaan, analisis ini dapat menyangkut berbagai bidang seperti politik, kesehatan, teknologi, ekonomi, dan lain-lain.

Tugas utama seorang analis ialah membedah, menguraikan, memilah, dan mengenal seluruh bagian yang menjadi lingkup kerjanya. Karena itu, seorang analis harus memiliki kemampuan dalam memahami serta membaca data dan informasi.

Di samping itu, analis biasanya juga akan diberi tugas menerjemahkan angka-angka menjadi sebuah laporan yang mudah dimengerti oleh orang awam, sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk mengambil sebuah keputusan.

2. Researcher/Peneliti

Sesuai dengan namanya, seorang researcher harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Dari rasa ingin tahu inilah seorang researcher akan melakukan kegiatan penelitian dan analisis untuk memperoleh informasi yang dapat disampaikan kepada kliennya.

Seorang peneliti juga harus memiliki tingkat kesabaran dan konsistensi yang tinggi. Pasalnya, pekerjaan ini adalah suatu proses terstruktur dan sistematis sehingga  memerlukan waktu lama serta ketelitian yang tinggi dalam tahap pengerjaannya.

3. UX Designer

Pekerjaan yang satu ini cocok bagi para pecinta IT. Apabila dikaitkan dengan kondisi perkembangan zaman, sebuah perusahaan yang menggunakan sistem digital pada proses pelayanannya tentu akan membutuhkan tenaga kerja di bidang ini.

UX Designer akan bertugas dalam mengakomodasi layanan perusahaan lewat web atau aplikasi yang tersedia. Dalam mendesain, seorang UX Designer harus mempertimbangkan faktor kenyamanan pengguna disamping nilai estetika yang ingin ditampilkan.

4. Software Engineer

Software engineer adalah suatu pekerjaan yang menerapkan prinsip-prinsip teknik pengembangan perangkat lunak. Hasil kerja software engineer biasanya akan diterapkan pada sistem yang kompleks seperti organisasi bisnis.

Sebagai permulaan, biasanya seorang software engineer akan melakukan analisis terlebih dahulu terhadap kebutuhan pengguna. Setelahnya, software engineer akan melakukan desain, konstruksi, dan pengujian aplikasi melalui penggunaan bahasa pemrograman.

5. Product Manager

Sebenarnya product manager adalah sebuah profesi yang sudah umum dilakukan dan sudah lama ada. Namun apa pengaruhnya di masa mendatang? Dengan adanya perkembangan teknologi, tentunya akan ada penyesuaian, pergeseran, bahkan perubahan bisnis dengan penggunaan media produksi dan promosi yang semakin masif.

Selain menghasilkan produk yang berkualitas, product manager juga harus mencari strategi pemasaran yang paling tepat dari produk yang dihasilkan. Karena itu, seorang product manager harus memahami secara pasti seluruh aspek bisnis dimana ia bekerja. (Marizke/R)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here