Ini 5 Mitos yang Wajib Kamu Ketahui soal Petir

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat hujan maupun sebelum hujan, biasanya langit menandakan dengan adanya fenomena petir. Yaitu kilatan cahaya di langit yang sesekali di sertai suara gemuruh.

Petir itu berasal dari mana sih? Petir merupakan hasil penumpukan energi listrik antara muatan positif dan negatif yang dibuang. Biasanya, petir terjadi di dalam awan.

Beberapa orang menganggap petir itu menakutkan. Sebab, suara gemuruh nya yang terkadang besar, dan bisa menyambar benda-benda disekitarnya hingga manusia. Itu sebabnya banyak orang mempercayai mitos-mitos  seputar petir yang sebenarnya salah.

Apa saja sih mitos – mitos petir yang sering dianggap benar?

1. Petir menyambar benda – benda yang paling tinggi

Kebanyakan orang percaya benda benda tinggi lah yang mudah tersambar petir, nyatanya, tidak. Karena petir bisa saja menyambar tanah tempat kita berdiri. Bahkan benda tinggi seperti pohon atau tiang pun tidak selalu tersambar petir.

2. Rumah adalah tempat paling aman dari sambaran petir

Sebagian akan merasa aman ketika di dalam rumah, petir memang tidak akan menyambar manusia ataupun benda-benda di dalam rumah. Selama tidak ada aliran listrik di benda tersebut.

Maka dari itu kita dianjurkan untuk mematikan televisi, ponsel, komputer, dan barang elektronik lainnya ketika sedang terjadi petir.

3. Petir selalu terjadi saat turun hujan

Banyak orang percaya petir selalu terjadi saat hujan. Petir memang sering terjadi saat hujan, tetapi tanpa hujan pun petir bisa saja terjadi.

Petir bisa saja terjadi saat menandakan awan mendung dan hujan lebat akan segera datang. Sama seperti hal nya hujan turun saat langit tidak mendung.

4. Memakai baju merah lebih mudah tersambar petir

Sebagian orang percaya, memakai baju merah akan lebih mudah tersambar petir.
Nyatanya menurut penelitian, baju tidak akan mempengaruhi sambaran petir.

Baju bersifat isolator, artinya tidak bisa menghantarkan arus listrik. Baju jenis apa pun dan warna apa pun tidak berhubungan dengan sambaran petir.

5. Bahaya menyentuh orang yang tersambar petir

Korban sambaran petir harus cepat mendapat pengobatan, seperti bantuan pernafasan (CPR). Badan manusia tidak menyimpan listrik dari luar, sehingga sangat aman untuk disentuh.

Berikut mitos-mitos seputar petir yang harus kita ketahui supaya lebih waspada saat terjadi hujan dan petir.

Reporter : Tiara Arninda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini