Indonesia Jadi Anggota G 20 Karena Potensi Ekonomi Kita Besar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indonesia menjadi anggota G20 atau Group of Twenty, Indonesia karena memiliki potensi ekonomi yang sangat besar dan kuat.

G20 merupakan forum utama kerja sama ekonomi internasional yang anggotanya terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa serta perwakilan dari International Monetary Fund (IMF) dan World Bank (WB). Kelompok negara ini mencerminkan 85 persen ekonomi dunia.

Negara-negara tersebut adalah Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Tujuan pembentukannya pada 26 September 1999 adalah mendiskusikan kebijakan-kebijakan untuk mewujudkan stabilitas keuangan internasional. Forum ini berupaya menemukan solusi atas kondisi ekonomi global yang dilanda krisis keuangan global pada 1997-1999 dengan melibatkan negara-negara berpendapatan menengah dan memiliki pengaruh ekonomi secara sistemik seperti Indonesia.

Indonesia menjadi anggota forum internasional tersebut sejak pertama dibentuk dan pada Oktober 2021 untuk pertama kalinya akan mengambil alih kepemimpinan forum tersebut dari Italia dan bisa mengendalikannya hingga akhir tahun 2022.

Indonesia dimasukkan sebagai Negara G20
Alasan Indonesia diajak bergabung karena dunia melihat kita sebagai emerging economy yang mempunyai skala ekonomi besar meski saat itu negara kita masih dalam tahap pemulihan setelah dihantam krisis ekonomi tahun 1997-1998.

Potensi itu dilihat dari sumber daya alam dan sumber daya manusianya. Alasan lainnya karena Indonesia dianggap mewakili kelompok negara berkembang, kawasan Asia Tenggara, dan dunia Islam.

Dengan jumlah penduduk nomor empat di dunia setelah Cina, India dan Amerika Serikat, Indonesia menggambarkan potensi pasar yang besar bagi produk-produk dunia.

Sebagai negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam, Indonesia dinilai bisa berperan sebagai jembatan peradaban yang dapat menunjukkan kepada peradaban barat bahwa Islam itu bisa menyesuaikan dengan demokrasi dan dapat menjadi referensi bagi negara-negara berkembang lainnya.

Keuntungan G20 bagi Indonesia
Menjadi anggota forum G20, Indonesia bisa mendapat informasi lebih awal mengenai perkembangan ekonomi global, potensi risiko yang akan terjadi, serta kebijakan ekonomi yang diterapkan negara lain terutama negara maju. Maka, Indonesia akan mampu menyiapkan kebijakan ekonomi terbaik. (Annisaa Rahmah)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini