MATA INDONESIA, JAKARTA-Menonton film menjadi salah satu kegiatan yang mengasikan untuk menghilangkan rasa jenuh ketika sedang berada di rumah.

Dengan menonton film kita dapat lebih rileks dan santai dirumah. Salah satu genre yang dapat dipilih ialah genre horor. Berikut judul film kuntilanak dari berbagai versi yang bisa kamu tonton.

  1. Kuntilanak (2006)

Kuntilanak adalah film horor Indonesia yang dirilis pada tahun 2006. Disutradarai oleh Rizsl Mantovano, film ini dibintangi oleh Julie Estelle sebagai tokoh utama dan didukung aksi para actor seperti Evan Sanders, Ratu Felisha, Ibnu Jamil, Litta Soewardi dan Alice Iskak.

Kisah film ini menceritakan Samantha yang memiliki kemampuan magis untuk memanggil kuntilanak. Setelah kematian sang ibu dan mendapat gangguan – gangguan dari ayah tirinya, Samantha memutuskan menyewa kamar kost dipinggiran kota.

Kamar kost yang ia sewa terlihar angker dengan area pemakanan dan sebuah pohon beringin di depannya. Penduduk sekitar memberitahu Sam bahwa pohon itu disebut sebagai pohon kuntilanak.

Ibu kost Sam, Yanti (lita Soewardi) menceritakan sejarah bangunan yang kini menjadi tempat kost nya tersebut. Ternyata dahulu satau keluarga produsen batik bernama Mangkoedjiwo membuat pabrik batik dan mess pekerja disana.

Namun kemudian terjadi kebakaran besar yang memusnahkan aset-aset Mangkoedjiwo. Rumah tersebut pun menjadi satu-satunya yang tersisa.

Kesuksesan film kuntilanak saat itu membuat sang sutradara lantas meneruskannya lewat dua buah sekuel.

  1. Kuntilanak 2 (2007)

Kuntilanak 2 merupakan film horor Indonesia yang dirilis pada tahun 2007. Masih sama dengan film diatas yang disutradari oleh Rizal Mantovani serta dibintangi oleh Julle Estelle, Evan Sanders, Ibnu Jamil, Lita Soewardi, Cindy Valeria, Alice Iskak, Bella Esperance, Sutan Amanullah, Piet Pagau, Ratu Felisha, dan Ida Iasha.

Setelah peristiwa dalam film sebelumnya, Sam (Julie Estelle) sudah putus dengan Agung dan saat ini dilema dalam memperjuangkan jati dirinya dari sisi gelapnya yang semakin kuat kendati adanya wangsit Kuntilanak.

Jati diri tersebut berhasrat untuk membunuh sebanyak mungkin orang-orang dengan memanggil Kuntilanak. Sam juga sering bermimpi tentang orang-orang yang Kuntilanak bunuh, seperti temannya, Dinda, dan pemimpin Mangkoedjiwo, Sri Sukma (Alice Iskak), yang menyesal telah menggunakan Kuntilanak.

Sam sekarang tinggal di kos sebuah keluarga pedagang Cina. Putri dari keluarga tersebut, Yenny (Cindy Valerie), langsung takut ketika ia bertemu Sam, tetapi orang tuanya tak tahu alasannya.

Di sisi lain, sisa-sisa pengikut Sekte Mangkoedjiwo, yang baru kehilangan Sri Sukma, berhadapan dengan banyak masalah karena mereka tidak dapat menguasai Kuntilanak lagi.

Mereka berencana untuk memaksa Sam yang mempunyai wangsit untuk masuk dalam lingkaran mereka untuk melanjutkan rencana-rencana keji mereka dengan melacak Yanti, asisten Sri Sukma dan mantan ibu kos Sam yang bersembunyi sejak Sri Sukma terbunuh.

  1. Kuntilanak 3 (2008)

Film ini merupakan film sambungan cerita dari kuntilanak 1 dan kuntilanak 2 yang sutradaranya masih sama. Film ini dirilis pada tahun 2008. Cerita ini diawali dengan menghilangnya pasangan yang baru saja bertunangan, yaitu Stella (Laudya Chintya Bella) dan tunangannya Rimson (Robby Kolbe) di sebuah hutan, keempat anggota tim SAR Komodo, Darwin (Mandala Shoji), Asti (Imelda Therinne), Herman (Reza Pahlevi) dan Petra (Laura Antoinetta) kini bersama dengan tim SAR udara, Albatros untuk mencari kedua orang tersebut.

Tim SAR Komodo yang menelusuri lewat jalur darat, menemukan Samantha (Julie Estelle) dan membujuknya untuk bersama mereka melakukan perjalanan. Sesampai di hutan dan terblokirnya jalan tanah, mereka terpaksa mendaki bukit berselimut hutan belantara.

Ketika mereka sudah mendirikan kemah, Samantha didesak oleh kru tim SAR Komodo agar mengutarakan alasan perginya ia ke hutan itu. Samantha, justru menyarankan agar mereka berhenti mencari kedua teman mereka agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Saat itu, mereka mendengar suara aneh dan fenomena gaib yang membuat mereka menjelajah sebagian kecil hutan, dalam kejadian itu, Samantha berhasil menemukan syal merah milik Stella. Mimpi Samantha menjadi penjelas, arwah Ibunya, Mega N. Widjoko (Ida Iasha) meminta Samantha untuk pergi ke Ujung Sedo yang berada di ujuung hutan belantara untuk mencabut wangsitnya atas Kuntilanak.

  1. Mangkujiwo (2020) 

Film mangkujiwo ini dirilis pada tahun 2020. Film ini disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis. Berbeda dari film sebelumnya, mangkujiwo menceritaka tentang lahirnya kuntilanak. Film ini sukses membuat penontonnya takut dan terkejut.

Disikisahkan Brotoseno (Sujiwo Tejo) dan Cokrokusumo (Roy Marten) tengah memperebutkan pengaruh kekuasaan atas loji pusaka. Hingga akhirnya Brotoseno disingkirkan dari jabatannya di Keraton oleh Cokrokusumo, ia disingkirikan dengan berbagai macam fitnah dihadapan Sinuhun Raja.

kemudian Brotoseno mengajak seorang perempua bernama Kanthi (Asmara Abigail) yang juga dipenuhi kebencian kepada Cokrokusumo.

Kanti adalah gadis desa yang dihamili oleh Cokrokusumo, kemudian dipasung karena difitnah sebagai perempuan yang mengandung anak setan. Kanti dan brotoseno pun bekerja sama untuk mengatur strategi balas dendam. mereka berdua melibatkan kekuatan gelap dan jahat untuk melawan Cokrokusumo.

  1. Suzanna Bernafas Dalam Kubur (2019)

Film Suzanna Bernafas dalam Kubur dirilis pada tahun 2019 dan disutradari oleh Sony Soraya dan Anggi Umbara. Film ini dibuat untuk membangkitkan tokoh Suzzana kembali yang selama ini dikenal sebagai ratu horor di Indonesia.

Film ini dimulai dengan latar cerita Suzzanna (Luna Maya) dan Satria (Herjunot Ali) yang telah menikah selama 7 tahun. Mereka hidup dengan tenteram dan bahagia bersama.

Satria merupakan suami yang taat beragama dan sukses dalam pekerjaan. Hanya satu yang kurang, mereka belum dikaruniai seorang anak. Akan tetapi kehidupan mereka mulai berubah.

Singkat cerita, satria akan berangkat ke luar negeri dan meninggalkan istrinya seorang diri. Momen tersebut yang dimanfaatkan oleh empat orang perampok yang kelak menjadi pembunuh Suzzanna. Empat orang itu adalah Jonal (Verdi Solaiman), Umar (Teuku Rifnu Wikana), Dudun (Alex Abbad), dan Gino (Kiki Narendra).

Mereka ternyata adalah karyawan Satria yang menyimpan dendam. Malam hari di mana perampokan terjadi, Suzzanna dibunuh dan dikubur begitu saja oleh keempat kawanan perampok tersebut.

Akan tetapi esoknya, Suzzanna ada di rumah dan seolah tidak terjadi apa-apa. Suzzanna kemudian membalas dendam. Ia mulai menghantui keempat perampok yang telah membunuhnya. Dengan wajah datar dan tampilan yang mencekam, ia mulai hadir di kehidupan para pembunuhnya.

  1. Asih (2018) 

Asih adalah film horor Indonesia yang dirilis pada tahun 2018 dan disutradari oleh Awi Suryadi. Film tersebut adalah film sempalan dari film Danur dan Danur 2: Maddah. Karakter Asih diperankan oleh Shareefa Daaniish seperti pada 2 film sebelumnya.

Asih (Shareefah Danish) adalah sosok perempuan malang yang mengakhiri hidup karena banyaknya kejadian naas yang menimpanya. Dia diusir dari rumah oleh kedua orang tuanya, karena ia dihamili oleh laki-laki dan lari dari tanggung jawab.

Keluarga asih jelas tidak akan menerima anak Asih yang baru lahir, karena dianggap sebagai aib keluarga. Semua orang kampong mencemooh Asih dan tidak ada yang membelanya satu pun, hingga semua hal itu membuat Asih menjadi gila dan tega membunuh anaknya. Asih menanggung kesedihan dan marah hingga akhir hayatnya.

Nama : Reygita Laura

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here