Little Diomede Island

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL – Tahukah Kamu ada dua pulau yang sebenarnya memiliki jarak yang lumayan dekat, tapi justru perbedaan waktunya cukup jauh. Pulau itu berada di Kepulauan Diomede.

Dilansir Oddity Central, garis tanggal internasional adalah garis imajiner yang membentang di tengah Samudera Pasifik, menandai perbedaan antara tanggal kalender. Melintasi garis dari timur ke barat, Kamu perlu menyetel jam maju satu hari, sementara menyeberang dari barat ke timur, Kamu akan menyetelnya kembali satu hari.

Garis waktu internasional membentang dari kutub Utara ke Selatan, tetapi tidak lurus melainkan zig-zag, dengan mempertimbangkan berbagai batasan politik.

Kebetulan melewati tepat di antara Kepulauan Diomedes, di Laut Bering, memungkinkan untuk perjalanan melintasi waktu hanya dengan menempuh jarak hanya 2,4 mil atau 3,8 km dengan perbedaan waktu 21 jam.

Kedua pulau berada di dua negara berbeda, Amerika Serikat dan Rusia. Saat tengah hari pada hari Kamis di Little Diomede, Amerika Serikat, sekarang pukul 09.00 pada hari Jumat di Big Diomede, Rusia.

Karena jaraknya hanya beberapa mil, Kamu sebenarnya dapat melihat salah satu Diomedes dari yang lain. Secara teknis berarti Kamu dapat melihat ke masa depan, atau masa lalu, juga.

Biasanya, Kamu harus berlayar atau berenang di antara dua Diomedes, tetapi selama musim dingin, sebuah jembatan es diduga terbentuk di antara keduanya, memungkinkan Kamu berjalan dari satu ke yang lain. Sayangnya, itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Kedua Diomede memang memiliki perbedaan waktu 21 jam, tetapi garis tanggal internasional yang lewat di antara mereka juga bertindak sebagai perbatasan antara Rusia dan Amerika Serikat. Big Diomede, atau “Tomorrow Island”, milik Rusia, sedangkan Little Diomede, atau “Yesterday Island”, adalah wilayah AS.

Perjalanan antara dua pulau dilarang, dan kapal nelayan asing yang terlalu dekat ke kedua sisi terkadang mendapat tembakan peringatan dari tentara yang berpatroli.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here