Gokil! Ternyata Ini Perbandingan Kekuatan Militer AS vs Iran

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tewasnya Komandan Pasukan Al Quds Iran, Mayor Jenderal Qasem Soleimani di tangan tentara Amerika Serikat (AS), membuat hubungan kedua negara memanas. Bahkan tagar World War III atau Perang Dunia III sempat menjadi tranding topic di Twitter.

Serangan yang menewaskan Soleimani itu dilancarkan oleh AS ke Bandara Internasional Baghdad, Irak atas perintah Presiden Amerika Serikat, Donald Trump pada Jumat, 3 Januari 2020. Jika hubungan keduanya semakin memanas, perang mungkin tak terhindarkan.

Lalu bagaimana perbandingan kekuatan Amerika Serikat dan Iran?

1. Jumah Warga Negara

Dilihat dari segi jumlah penduduk, Iran jauh lebih tertinggal yaitu hanya 82 juta jiwa. Sedangkan AS memiliki 332 juta jiwa, artinya AS lebih mudah merangkul warga negaranya dan dilatih sebagai tentara dalam memperkuat pertahanan.

2. Anggaran Militer

Sebagai negara yang disegani, perbandingan anggaran AS jauh lebih besar yaitu 30 kali lipat, dibandingkan Iran. Untuk membiayai kekuatan militernya, Negeri Paman Sam menyediakan sebesar 554,2 miliar dolar AS.

Sedangkan Iran hanya menyediakan dana sebesar 12,3 miliar dolar AS. Untuk itu, AS bisa meningkatkan personel militer dan persenjataan perang. Sehingga dari segi kulaitas dan kuantitas AS Jauh lebih unggul daripada Iran.

3. Personel Militer

Secara jumlah personel militer, AS memiliki 1,3 juta personel militer aktif. Sedangkan Iran hanya memiliki 550 ribu personel militer yang dibagi menjadi dua bagian. Pertama pasukan elit Korps Garda Revolusi yang memiliki 125 ribu pasukan. Kedua, pasukan Artesh memiliki 350 ribu pasukan yang menguasai udara, laut, dan daratan.

4. Kendaraan Tempur Darat

Dari sektor darat, AS memiliki 8.800 tank, 46 ribu kendaraan berlapis baja, dan 3.269 artileri yang memiliki banyak jenis. Sedangkan Iran hanya memiliki 2.569 tank, 1.315 kendaraan baja. Namun jumlah Artileri Iran jauh lebih banyak, yaitu 5.383 unit.

5. Kendaraan Tempur Laut

Amerika Serikat memiliki kapal tempur yang lebih unggul, seperti 20 kapal induk, 85 kapal perusak, dan 70 kapal selam bertenaga nuklir. Jika dibandingkan, maka Iran amat lemah di sisi laut karena hanya mengandalkan 6 kapal fregat, 3 kapal corvet, dan 40 kapal selam sebagai pertahanan laut.

6. Kendaraan Tempur Udara

Kekuatan militer udara AS jauh lebih canggih dan kuantitasnya lebiih banyak daripada Iran. AS memiliki 388 pesawat jet tempur, 2.062 pesawat serbaguna, 470 helikopter serbu dan 5 ribu unit helikopter. Sementara Iran hanya memiliki 151 pesawat jet tempur, 88 pesawat serbaguna, 49 helikopter, dan 234 helikopter.

Perlu diketahui, menurut situs Global Fire Power yang bekerja untuk memantau kondisi militer negara-negara di dunia, bahwa Iran berada di posisi 14 dari 137 negara dalam hal kekuatan militer. Sedangkan AS berada pada posisi pertama disusul China dan India, kemudian Indonesia berada di posisi 16 besar. (Hastina/R)

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini