Alien dan Ufo
Alien dan UFO (BBC)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Unidentified Flying Object (UFO) atau objek terbang tidak dikenal merupakan istilah yang digunakan untuk seluruh fenomena penampakan benda terbang yang tidak bisa diidentifikasi oleh pengamat.

UFO biasanya dikaitkan dengan kendaraan yang digunakan oleh makhluk alien dari luar angkasa. Banyak orang mengklaim telah melihat penampakan UFO. Bahkan, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS), Pentagon, membentuk satuan khusus untuk menyelidiki fenomena ini sebagai bagian dari program rahasia yang ditutup sejak diluncurkan atas perintah mantan Senator Harry Reid dari Nevada.

Sampai saat ini masih menjadi misteri dan menimbulkan tanda tanya besar, berikut beberapa fenomena penampakan UFO yang menghebohkan dunia.

  1. Penampakan UFO di Kota Sendai, Jepang

Sebuah benda yang tidak dikenal melintasi langit Kota Sendai, Jepang pada 17 Juni 2020. Segelintir orang mengklaim bahwa benda berbentuk bola besar berwarna putih itu diyakini sebagai UFO.

Namun, Badan Meteorologi Jepang membantah klaim tersebut dengan mengatakan bahwa benda asing itu merupakan alat untuk memantau cuaca yang berbentuk seperti balon.

Namun, pemerintah setempat mengklaim pemantau cuaca miliknya tidak berbentuk seperti itu dan menolak menanggapi adanya benda terbang tersebut berasal dari negara lain.

  1. Penampakan UFO di New Jersey Turnpike

Sebuah benda asing melintasi langit New Jersey Turnpike selama 15 menit pada 14 Juli 2001. Benda yang diduga UFO itu memiliki cahaya oranye kemerahan dan kuning yang terbang melintasi jembatan Arthur Kill Waterway.

Letnan Departemen Kepolisian Carteret, Daniel Tarrant, adalah salah satu saksi mata, serta penduduk daerah metro lainnya dari jembatan Throgs Neck Bridge di Long Island dan Fort Lee, New Jersey, di dekat Jembatan George Washington.

Pengendali lalu lintas udara pada awalnya menyangkal bahwa penampakan UFO itu merupakan pesawat terbang, jet militer, atau penerbangan luar angkasa yang menyebabkan cahaya misterius. Namun, sebuah kelompok yang dikenal sebagai Penyelidik Fenomena Aneh New York (NYSPI) mengklaim menerima data radar FAA yang menguatkan penampakan UFO pada hari itu.

  1. Penampakan UFO di Greifswald, Jerman

Pada tahun 1990, fenomena cahaya berwarna hijau muncul di langit malam sekitar pembangkit listrik Greifswald, Jerman dan membuat warga yang tinggal di sana terkejut.  Saat itu, terdapat tujuh cahaya yang berada di satu barisan dan melayang bebas di langit selama 30 menit yang diyakini sebagai UFO.

  1. Penampakan UFO yang terlihat oleh Kru Kapal Induk USS Nimitz

Kru kapal induk USS Nimitz mendapati adanya pesawat tidak dikenal yang tertangkap radar dengan jarak 100 mil di lepas pantai San Diego, AS pada 14 November 2004.

Selama dua minggu, para kru menghimpun data bahwa pesawat-pesawat tidak dikenal itu bisa mencapai ketinggian 80 ribu kaki kemudian menghilang tepat di atas Samudra Pasifik. Setelah itu dua jet tempur FA-18F dari kapal induk USS Nimitz berusaha menghampiri daerah tersebut. Sesampainya di sana, mereka melihat bayangan oval di bawah permukaan laut, kemudian benda putih berbentuk seperti permen Tic Tac di atas air.

Benda itu tidak memiliki tanda-tanda visual yang menunjukkan mesin, sayap atau jendela, dan monitor inframerah tidak memperlihatkan adanya saluran pembuangan.

Ketika berusaha untuk didekati, pesawat itu langsung melesat jauh ke atas dan terpantau bergerak tiga kali kecepatan suara dengan lebih dari dua kali kecepatan jet tempur.

  1. Penampakan UFO yang terlihat oleh Karyawan O’Hare International Airport Saucer

Beberapa karyawan O’Hare International Airport Saucer mengaku melihat pesawat berwarna logam keabu-abuan tengah melayang selama lima menit di atas langit malam Chicago, AS pada 7 November 2006.

Federal Aviation Administration (FAA) menyebut bahwa fenomena ini terjadi karena faktor cuaca dan menolak untuk menyelidiki lebih lanjut.

  1. Penampakan UFO di Highway 67, Texas

Sebuah fenomena cahaya putih tengah melayang di atas Highway 67, Stephenville, Texas, AS terlihat pada 8 Januari 2008. Stephenville merupakan kota kecil yang sebagian besar dikenal dengan peternakan sapi perahnya.

Masyarakat yang tinggal di kota kecil Stephenville itu mengaku melihat cahaya-cahaya dalam formasi awalnya berbentuk lengkungan namun lama-kelamaan menjadi satu barisan.

Salah satu pilot lokal, Steve Allen memperkirakan bahwa cahaya itu membentang satu mil dan memiliki lebar setengah mil. Objek asing itu juga bergerak dengan sangat cepat, yaitu 3.000 mil per jam, namun tidak mengeluarkan suara. Allen menyimpulkan objek itu berasal dari lampu strobo bukan UFO.

Penampakan tersebut mengingatkan penduduk terhadap penampakan Phoenix Lights 1997, ketika Angkatan Udara AS mengungkap beberapa minggu kemudian bahwa F-16 terbang di Daerah Operasi Militer Brownwood (barat daya Stephenville), di mana banyak warga kota tidak sepakat dengan penjelasan tersebut karena merasa teknologi terlalu maju untuk kemampuan manusia saat itu.

  1. Penampakan UFO berpapasan dengan Pesawat F/A-18 Super Hornet di Samudra Atlantik

Pada tahun 2015, seorang pilot yang tengah menerbangkan pesawat F/A-18 Super Hornet berpapasan dengan benda yang tidak dikenal saat melintasi Samudra Atlantik. Hingga kini, laporan tersebut tidak ditindaklanjuti oleh otoritas setempat.

Penampakan ini juga baru diketahui pada 2017 lalu setelah sebuah video tersebar dari Advanced Aviation Threat Identification Program, berisi momen pertemuan F/A-18 Super Hornet dengan objek asing yang terlihat di sepanjang Pantai Timur di Raytheon Advanced Targeting Forward-Looking Infrared (ATFLIR). Objek asing itu mirip dengan pesawat yang terlihat di San Diego pada tahun 2004 lalu, berbentuk oval dengan warna putih yang bergerak cepat, besarnya sekitar sekitar 13 meter, tanpa sayap atau saluran pembuangan.

  1. Penampakan UFO di Oahu, Hawaii

Sebuah benda tidak dikenal dilaporkan melintasi langit Oahu, Hawaii sebelum kemudian jatuh ke laut lepas pada pada 29 Desember 2020. Warga yang melihat kejadian ini mengaku melihat objek terbang berwarna biru yang kemudian mendorong FAA untuk menyelidikinya.

Namun, FAA mengaku tidak bisa menjelaskan tentang hal itu dan mengungkapkan tidak ada kecelakaan pesawat yang dilaporkan ketika terjadi penampakan UFO melayang itu.

Sebuah video buram dan bergoyang yang berisi tangkapan fenomena ini telah dipublikasikan di YouTube pada 4 Januari 2021. Namun, tidak jelas siapa yang mengunggah video tersebut. Hal ini telah memicu berbagai spekulasi tentang alien dan kecelakaan pesawat terbang. Namun, ada dugaan bahwa objek ini bukan UFO melainkan layang-layang LED.

Reporter: Safira Ginanisa

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here