Alpukat. (Foto: Select Health)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Alpukat terkenal sebagai buah yang kaya akan nutrisi dan manfaat kesehatan. Selain cantik menjadi hiasan untuk minuman, kue, hingga salad, buah ini juga kaya akan potassium mengalahi pisang.

Potassium sendiri berguna untuk menurunkan kadar gula darah, hingga mencegah gagal ginjal. Selain itu, mengkonsumsi alpukat juga bisa melindungi mata dan meningkatkan sistem kekebalanhingga melindungi tubuh Kamu dari sel kanker.

Dilansir dari BrightSide, berikut beberapa keuntungan dari memakan alpukat selama 30 hari:

1. Ginjal mungkin bekerja lebih efisien.

Alpukat kaya kalium, jadi jika Kamu memiliki masalah ginjal, Kamu mungkin ingin memasukkan buah ini ke dalam makanan Kamu. Penelitian telah membuktikan bahwa makan alpukat secara teratur merupakan cara sehat untuk meningkatkan fungsi ginjal.

2. Nafas bisa lebih segar.

Jika Kamu mencari penyegar mulut yang alami, inilah saatnya memikirkan tentang alpukat. Mereka membanggakan aktivitas antibakteri yang tinggi, dan makan satu sehari dapat menghilangkan bakteri dari mulut Kamu dan membersihkannya.

3. Meningkatkan penglihatan.

Makan satu buah alpukat segar berukuran sedang setiap hari dapat meningkatkan fungsi mata. Ini terjadi karena alpukat dapat membantu meningkatkan kadar karotenoid dalam tubuh kita, bekerja sebagai agen antioksidan dan antiradang.

4. Meningkatkan sistem kekebalan.

Jika Kamu terkena flu lebih sering dari yang Kamu inginkan, mungkin sistem kekebalan Kamu meminta lebih banyak perhatian. Untungnya, telah dilaporkan bahwa beberapa komponen alpukat dapat memperkuat sistem kekebalan dan menekan virus serta infeksi lainnya.

5. Menurunkan tekanan darah.

Jika Kamu menderita tekanan darah tinggi, alpukat bisa menjadi sekutu terbesar Kamu. Kandungan kalium dan luteinnya yang tinggi terkenal untuk meningkatkan penyakit pembuluh darah dan meningkatkan lipid dalam tubuh kita.

6. Hati berfungsi lebih efisien.

Hati mengatur sebagian besar kadar kimiawi dalam darah kita, dan sangat penting untuk menjaganya tetap sehat dan bekerja dengan baik. Dan telah dilaporkan bahwa makan alpukat dapat membantu mengurangi kerusakan hati, jadi menambahkan buah ini ke dalam menu makanan Kamu adalah pilihan yang baik.

7. Menurunkan berat badan dengan lebih mudah.

Pertambahan berat badan yang berlebihan dan obesitas menjadi perhatian dunia. Meskipun penting untuk mengevaluasinya dengan seorang profesional terlebih dahulu, alpukat telah terbukti dapat membantu mengurangi berat badan. Mereka meningkatkan rasa kenyang dan berdampak positif pada hormon usus kita.

8. Mendapatkan perlindungan ekstra dari kanker.

Meskipun kita tahu bahwa pola makan yang sehat dan seimbang dapat mencegah beberapa jenis kanker, alpukat dapat dilihat sebagai kartu pengganti bagi siapa saja. Ia memiliki sifat sitotoksik, yang berarti alpukat dapat membunuh sel karsinogenik dan mencegah penyakit ini berkembang.

9. Membuat kulit Kamu bersinar.

Kamu bisa memakannya atau mengoleskannya langsung ke kulit. Tidak masalah bagaimana Kamu menggunakan alpukat untuk manfaat kulitnya, buah ini sangat direkomendasikan untuk kesehatan kulit. Sifat karotenoidnya dapat membantu dalam perlindungan sinar ultraviolet, membuat wajah dan tubuh tampak lebih muda dan bercahaya.

10. Membantu meredakan gejala arthritis.

Orang yang menderita radang sendi sering kali harus mengatasi nyeri sendi, tetapi makan alpukat dapat membantu mereka mengatasi hal ini. Buah ini memiliki sifat antioksidan dan analgesik yang dapat menyebabkan kehidupan tanpa rasa sakit.

11. Dapat meningkatkan konsentrasi.

Jika Kamu merasa kesulitan berkonsentrasi atau fokus pada tugas, alih-alih menenggak secangkir kopi, cobalah makan alpukat. Telah terbukti bahwa orang yang makan alpukat mengalami otak dan hasil kognitif yang positif.

12. Kadar kolesterol dan trigliserida mungkin menurun.

“Alpukat sehari dapat mencegah kolesterol,” klaim para ahli di Universitas Harvard. Ini memiliki jumlah serat, lemak tak jenuh tunggal, dan sterol nabati yang tinggi, yang menyebabkan penurunan kadar kolesterol berbahaya.

Apa cara favorit Kamu untuk makan alpukat?

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here