Deretan Kejadian Positif di Sepanjang 2020

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sepanjang 2020, Indonesia diuji dengan musibah virus corona. Selama pandemi, ada beberapa kejadian positif yang menjadi pembicaraan masyarakat. Kejadian ini menimbulkan perhatian warganet.

Berikut beberapa kejadian positif di tengah virus Corona.

1. Kementerian Sosial Menyiapkan Bantuan Sosial

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin, Dirjen PFM, Andi ZA Dulung menyampaikan, target Kementerian Sosial (Kemensos) siap salurkan 9 Triliun Rupiah untuk bantuan sosial (bansos) di bulan Januari 2020.

Untuk dapat mencapai target Mensos tersebut, Dirjen PFM sudah merencanakan di tanggal 2 januari 2020 sudah akan memulai transfer ke Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

“Bansos ini sudah ada lininya, sudah ada rekeningnya, para direktur juga sudah saya minta sesegera mungkin membuat transfer ke bank Himbara, tapi karena tanggal 2 Januari baru bisa maka akan kita mulai (transfer) dari situ,” jelas Dirjen PFM.

2. Dua Siswa SMP Meraih Prestasi KSN

KSN merupakan kompetisi tahunan yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Puspernas atau Pusat Prestasi Nasional. Dalam KSN, Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School Bogor mengirim tiga orang siswa, Iqbal Firmansyah (IPA), M. Ilham Alfarisi (Matematika) dan Hossem Ahmed Mido (IPS).

Dua dari tiga siswa yang dikirimkan, Iqbal Firmansyah berhasil meraih medali perunggu, sedangkan M.Ilham Alfarisi medali Perak.

3. Siswa Indonesia Meraih Prestasi di Kancah Internasional

Tiga pelajar SMA mewakili Indonesia di ajang “Online World Schools Debating Championship (OWSDC) 2020 yang digelar 17 Juli sampai Agustus 2020. Tim Indonesia difasilitasi oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Kemendikbud mengirimkan tiga siswa berprestasi, yaitu Cassia Tandiono (SMA Pelita Harapan Kemang Village, Jakarta), Joshua Luke Tandiono (SMA British Indonesia Jakarta) dan Judah Purwanto (SMA Pelita Harapan Lippo Village, Tangerang).

Melalui pengumuman resmi , tim Indonesia mendapatkan penghargaan bergengsi individu. Yaitu Top 5 ESL Best Speaker dan Top 10 Open Best Speaker , atas nama Judah Purwanto. Penghargaan Best Speaker dalam kategori ESL dan Open , kategori utama ini adalah yang pertama kali tim Indonesia raih.

4. Pendapatan Freeport Naik

PT Freeport Indonesia (PTFI) mencatat, tren kinerja yang positif selama kuartal II-2020 meskipun dunia sedang dilanda pandemi Covid-19 yang turut berpengaruh pada harga komoditas tambang.

Mengutip data materi paparan Mining Industry Indonesia (MIND ID), per 30 Juni 2020 Freeport mencetak pendapatan sebesar 1,16 miliar Dolar AS. Secara bulanan, pendapatan Freeport mengalami tren kenaikan.

Tercatat, di bulan April 2020, Freeport meraup pendapatan sebesar 144 juta Dolar AS. Kemudian, di bulan Mei 2020 pendapatan Freeport naik menjadi 258 juta Dolar AS dan kembali meningkat jadi 316 juta Dolar AS di bulan Juni 2020.

Sementara itu, laba bersih Freeport berada di level US$ 94 juta per akhir semester I-2020. Sepanjang kuartal II-2020, laba bersih Freeport bergerak variatif.

Mulai dari bulan April 2020, Freeport meraih laba bersih sebesar 25 juta Dolar AS yang kemudian turun menjadi US$ 7 juta di bulan Mei 2020. Namun, laba bersih Freeport kembali melonjak jadi 93 juta Dolar AS di bulan Juni 2020.

5. Vaksin Covid -19 ditemukan

Para ilmuwan di dunia terus berupaya menemukan vaksin untuk mengatasi virus corona. Berbagai negara sudah berhasil menemukan vaksin ini.

Pemerintah lalu melakukan uji coba vaksin untuk melihat kualitasnya. Jika vaksin sudah siap, Pemerintah siap menyuntikkan vaksin kepada 170 juta penduduk Indonesia secara gratis.

6. Rencana Kementerian Perhubungan terkait jalur trasnportasi Ibu Kota Baru, Kalimantan Timur

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merumuskan rencana induk (masterplan) interkoneksi seluruh jalur transportasi Ibu Kota negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim). Transportasi modern ibu kota baru yang mengintegrasikan sistem jalur darat, laut dan udara di Kaltim.

7. Interkoneksi jalur transportasi menghubungkan ibu kota baru

Kemenhub mengusulkan, transportasi mengusung konsep modern, smart, dan mobility. Selama kajian di Kaltim, Kemenhub menemukan sejumlah potensi keunggulan transportasi.

Provinsi ini diuntungkan eksisnya jalur transportasi darat, laut, dan udaranya. Kaltim sudah lengkap sarana bandara, pelabuhan laut, dan jalan tol Balikpapan–Samarinda. Konsep ibu kota nantinya forest city.

Area ring satu menjadi inti pemerintahan seluas 2 ribu hektare peruntukan istana negara, lembaga negara, taman, dan botanical garden. Selanjutnya, pengembangan 220 ribu hektare bagi permukiman ASN/TNI/Polri, perwakilan diplomatik, fasilitas pendidikan/kesehatan, dan lain lain.

Targetnya 2020 sudah dilakukan groundbreaking pengembangan pemerintah dan swasta. Fisik bangunan sengaja dirancang kompak meminimalkan intervensi alam, peruntukan akses publik, dan smart building energi terbarukan.

Reporter : Ade Amalia Choerunisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini