Bikin Bulu Kuduk Merinding, Nih Asal-Usul Makhluk Halus

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Entah kenapa, malam Jumat selalu diidentikan dengan malamnya para mahluk halus. Padahal, sama seperti malam-malam lainnya, malam Jumat adalah malam libur di daerah Timur Tengah.

Tak lengkap rasanya membicarakan malam Jumat dengan kehadiran mahluk halus. Di Indonesia, hantu-hantu dan mahluk halus ini semakin populer karena sering ditampilkan dalam berbagai platform sosial media.

Berikut ini sejumlah mahluk halus alias hantu yang cukup terkenal di Indonesia.

Pocong

Viral! Pocong terbalut kain batik di sinteron tanah air (twitter/kegblgnunfaedh)

Seperti artis, mahluk halus bernama pocong ini sangat terkenal dan sering disebut masyarakat Indonesia menjadi hantu yang paling ditakuti. Pocong akan menampakkan diri saat mengetahui tali kain kafannya belum dilepas saat dikubur. Ia juga suka berdiam diri di atas pohon pisang.

Kuntilanak

Disebut Kuntilanak adalah sosok mahluk halus perempuan hamil yang meninggal saat melahirkan. Karena tidak nyaman dengan anaknya yang belum ditemukan, kuntilanak bergentayangan bermaksud mencari anaknya. Namun, kemunculannya dengan wajah yang dingin ditambah baju dress putih menjadi mengerikan bagi siapa pun yang bertemu. Pohon-pohon besar menjadi tempat tinggalnya, seperti pohon Beringin.

Genderuwo

Ternyata Genderuwo bukan berasal dari Indonesia, namun dari legenda kuno Persia dengan nama Gandarewa. Dalam budaya Jawa, mahluk halus ini memiliki tubuh yang tinggi dan kekar, berwujud manusia mirip kera, menyukai perempuan, dan tinggal di kayangan. Habitat hantu ini berada di Hutan Jati Cagar Alam Danalaya, Kulonprogo, Yogyakarta. Meski berasal dari Persia, Genderuwo lebih suka menampakkan dirinya di Indonesia tepatnya Jawa Tengah.

Tuyul

Tuyul

Makhluk halus ini merupakan yang paling merepotkan, sebab memiliki keahlian dalam mencuri uang. Disebut Tuyul berasal dari orang yang keguguran. Menurut kepercayaan samawi, tuyul ialah sebangsa Jin yang sudah ada sejak masa lalu. Namun, menurut kepercayaan Jawa, kehadiran Tuyul juga sebagai membuat orang kaya semakin kaya, lantaran Tuyul dipelihara manusia untuk melancarkan pesugihan.

Wewe Gombel

Awalnya, masyarakat Primordial menciptakan cerita tentang mahluk halus wewe gombel untuk menakut-nakuti anak mereka untuk tidak keluar pada waktu Maghrib. Para orang tua khawatir pada anak mereka diterkam hewan buas dan akan sangat sulit untuk mencarinya karena saat itu listrik belum masuk di desa.

Sosok Wewe Gombel yang diceritakan para orang tua akan menculik anak-anak dan dibawa kabur ke tempat asalnya. Diketahui, wewe gombel ialah seorang nenek tua yang memiliki rambut panjang dan payudara yang panjang dan besar. Anak-anak yang diculik wewe gombel dimasukkan ke dalam bajunya dan disimpan berhadapan dengan payudara nenek.

Reporter : Rama Kresna Pryawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antisipasi Daging Sapi Terjangkit Antraks, Pemkot Jogja Sidak Pedagang Pasar

Mata Indonesia, Gunung Kidul - Kasus antraks yang terjadi di Gunungkidul dan Sleman diantisipasi lebih cepat oleh Pemkot Jogja. Meski Kementan sudah menggerakkan jajarannya termasuk Pemkab Gunungkidul untuk memvaksinasi hewan ternak warga, antisipasi oleh pemerintah wilayah lain juga harus dilakukan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini