Bergabung Jadi Anggota Karang Taruna? Ini Keuntungannya!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebuah organisasi pasti mempunyai fungsi dan manfaat, yang tidak lepas dari mendapatnya keuntungan terutama bagi para pelaku organisasi. Salah satunya Karang Taruna.

Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna (Katar) bertujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja. Misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, ketrampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian.

Karena tujuan-tujuan itu, berikut ini keuntungan jika bergabung dengan Katar. Yuk simak.

Membentuk karakter individu yang positif

Kegiatan dalam Katar, bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan suatu wilayah, baik sumber daya alam, maupun sumber daya manusianya. Untuk mencapai tujuan itu, tiap-tiap anggota maupun pengurus melakukan yang terbaik. Hal ini membuat para anggota maupun pengurusnya membentuk beberapa karakter yang positif. Salah satunya sikap untuk bertanggung jawab atas tugas, sikap gotong royong, dan peduli pada lingkungan. Selain itu, para anggota juga akan memahami kepandaian bersosialisasi di lingkungan.

Sarana mendapat gratisan

Kegiatan atau program Katar tujuannya untuk lingkungan, dan nantinya, masyarakat di lingkungan tersebut akan turut membantu dengan menyuguhi makanan ataupun minuman. Misalnya, saat kerja bakti bersih-bersih di satu RW.

Biasanya, suguhan banyak dan beragam. Mulai dari makanan ringan hingga berat, mulai dari minuman panas hingga menyegarkan. Suguhan ini sebagai timbal balik dari apa yang sudah dilakukan. Hal ini menjadi keuntungan atau bonus untuk para anggota Katar yang ikut terlibat.

Mencari jodoh

Tidak menutup kemungkinan, sesama anggota Katar bisa terkena cinta lokasi. Biasanya, karena anggota saling aktif. Karena keaktifan itu, intensitas untuk bertemu dan bersama menjalankan program kerja, secara tidak langsung membuat para anggota dekat satu sama lain. Jika cocok, mungkin akan lanjut pada hubungan yang lebih dekat. Tidak ada salahnya kan, untuk mencoba?

Menyibukkan diri

Ikut dalam katar dapat menyibukkan diri dari sesuatu yang meresahkan, misalnya habis putus cinta. Terkadang rasa galau akan membuat sesorang bermalas-malasan dan bersedih sepanjang hari. Jika ikut Katar, kamu bisa menyibukkan diri dan melupakan rasa galau. Selain itu, menyibukkan diri untuk mengisi waktu luang. Walaupun tidak ada salahnya jika waktu luang dengan bersantai di rumah, namun alangkah lebih baik untuk sesuatu yang lebih bermanfaat. Di Katar, waktu kamu bisa diisi bersama dengan teman-teman sesama anggota. Selain mendekatkan diri agar makin kenal satu sama lain apalagi satu lingkungan rumah, kita juga bisa berbagi pengalaman dan cerita, serta mengisi ide-ide.

Membuka jaringan informasi

Salah satu keuntungan besar yang kalian bisa dapatkan jika bergabung dengan organisasi, adalah dapat membuka jaringan informasi dari antar anggota. Di Katar, akan lebih mudah mendapat informasi karena tingkat kedekatan lebih erat. Misalnya informasi tentang peluang kerja. Interaksi bisa diawali dengan curhat perihal sulitnya mencari pekerjaan, kemudian satu sama lain akan memberikan feedback atau respons, entah itu kesamaan, atau yang lebih baik adalah memberikan informasi seputar lowongan kerja yang mereka ketahui. Lebih beruntung jika kalian aktif dan berkontribusi baik dalam Katar, bisa-bisa sampai direkomendasikan dan dibantu untuk mendapat pekerjaan, lho!

Reporter: Fiolita Dwina Astari

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini