Auto Berkah! Ini 5 Keutamaan Dzikir di Malam Tahun Baru

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Momen malam pergantian tahun biasanya diisi dengan kegiatan seperti barbeque, berkumpul dengan keluarga, atau menyaksikan pesta kembang api. Namun tidak ada salahnya, jika pada malam pergantian tahun kamu memilih untuk beribadah.

Salah satu yang bisa kita lakukan adalah berdzikir, mengingat Allah SWT sebagai Sang Maha Pencipta. Berikut 5 keutamaan berdzikir pada malam pergantian tahun!

1. Proses Muhasabah Diri

Dalam suatu perjalanan hidup, umat Islam bisa menjalani proses muhasabah atau introspeksi diri. Dengan begitu, kita bisa memperbaiki diri dan meningkatkannya agar lebih baik lagi pada tahun berikutnya. Belajar dari kesalahan-kesalahan masa lalu yang harus diperbaiki dan tidak diulangi.

Maimun bin Mahran rahimahullah berkata:

لَا يَكُوْنُ الْعَبْدُ تَقِيًّا حَتَّى يَكُوْنَ لِنَفْسِهِ أَشَدُّ مُحَاسَبَةً مِنَ الشَّرِيْكِ الشَّحِيْحِ لِشَرِيْكِهِ

“Tidaklah seorang hamba menjadi bertaqwa sampai dia melakukan muhasabah atas dirinya lebih keras daripada seorang teman kerja yang pelit yang membuat perhitungan dengan temannya.”

2. Mendekatan Diri kepada Allah

Dengan berdzikir, kita juga bisa mendekatkan diri dengan Allah, sehingga dapat memberikan ketenangan batin dan menguatkan diri untuk beribadah. Dzikir juga membawa kita pada ampunan Allah dari kesalahan yang kita lakukan di tahun sebelumnya.

Allah berfirman: “Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak mengingat Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Ahzab [33]: 35).

3. Memperoleh Ketenangan dan Ketentraman

Seseorang yang berdzikir akan memperoleh ketenangan dan ketentraman dalam hidup. Terutama pada kehidupan di tahun berikutnya, baik fisik maupun mentalnya. Memiliki hati yang lembut karena selalu mengingat Allah, dan mengkokohkan rasa keimanan kita.

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakal.” (QS. Al-Anfal[8]: 2)

 4. Membuka Pintu Rezeki

Setiap manusia pasti menginginkan kehidupannya berkecukupan. Tidak ada satupun manusia yang ingin hidupnya sengsara dan kekurangan. Dalam Islam, rezeki merupakan suat nikmat yang wajib disyukuri. Salah satu cara untuk meraihnya adalah dengan berdzikir.

Allah berfirman dalam Alquran: “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim : 7)

5. Menjauhkan Diri dari Perangkap Setan

Salah satu yang bisa dilakukan untuk menjauhkan diri kita dari hal-hal buruk dan perangkap setan adalah dengan berdzikir. Untuk itu, kita berdoa kepada Allah dan memohon pertolongannya, agar di tahun berikutnya kita terhindar dari hal-hal buruk.

Allah berfirman dalam Alquran, yang artinya: “Barangsiapa yang berpaling dari mengingat ar-Rahman maka akan Kami jadikan setan sebagai pendamping yang selalu menemaninya.” (QS. az-Zukhruf: 36)

(Hastina/RyV)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini