Kamis, Oktober 28, 2021

Agatha Christie dan Sosok Karakter Hercule Poriot

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Rasanya tidak ada orang yang tidak kenal dengan Agatha Christie sebagai ratu novel kriminal yang terkenal di dunia. Sebagian bukunya sudah difilmkan. Salah satunya Murder on The Orient Express.

Banyak tokoh fiksi yang diciptkan oleh Agatha Cristie dalam novelnya. Yang terkenal adalah Hercule Poirot, detektif fiktif paling populer. Berikut beberapa karya novel Agatha Christie yang menampilkan sosok Hercule Poirot.

  1. Endless Night

Novel ini terbit tahun 1967 dan memiliki cerita yang menyeramkan. Kisah pasangan yang baru saja menikah, Michael Rogers dan Ellie. Mereka membangun rumah di desa. Awalnya kehidupan mereka baik hingga suatu hari seseorang memperingati Ellie agar berhati-hati dengan nasibnya. Agatha Christie menulis karakter Hercule Poriot yang begitu cerdas mengungkap kasus ini.

  1. The ABC Murders

Kali ini Agatha Christie menulis kasus pembunuhan berantai yang menggunakan pembunuhan alfabet dari nama-nama korban secara berurutan. Tubuh masing-masing korban ada dalam sebuah buku. Buku ini terbuka pada halaman yang menunjukan inisial korban dan tempat pembunuhan terjadi.

  1. Murder on the Orient Express

Saat tengah malam gumpalan salju menghentikan kereta Orient Express padahal kereta mewah ini sedang melaju dengan kencang. Namun saat pagi mereka kekurangan satu penumpang. Nahas, penumpang ini tewas di dalam kompartemen dengan belasan luka tusuk.

  1. One, Two, Buckle My Shoe

Seorang Dokter gigi tewas dengan luka tembak di pelipis kanan. Sebuah pistol tergeletak di lantai deket tangan kanannya. Salin itu, salah satu pasiennya juga tewas karena kelebihan dosis obat bius. Jelas sekali yang pertama kasus bunuh diri yang kedua pembunuhan. Tapi. Benarkah begitu? Sebuah gesper sepatu menarik perhatian Hercule Poirot.

  1. Lord Edgware Dies

Poirot hadir ketika Jane bercanda tentang rencananya menyingkirkan suaminya. Sekarang pria itu sudah mati. Detektik asal Belgia yang hebat tidak tahan untuk menuduh Jane pelakunya. Namun yang janggal bagaimana bisa Jane menikam Edware hingga mati di perpustakaannya. Apa benar Jane pembunuhnya? Lalu, apa motif terbunuhnya Lod Edgware?

Hercule Poriot

Agatha memperkenalkan sosok Poirot pada novelnya. Ia detektif berkumis tebal. Ia muncul dalam 33 novel karya Christie. Banyak orang mempertanyakan siapa sebenarnya Poriot itu. Seorang peneliti mengatakan bahwa Inspektur Polisi London Jackques Hornais adalah orang yang menjadi sosok Poirot dalam kehidupan nyata.

Sebagaimana cerita-cerita Agatha Christie, Poirot tidak berhenti hanya di buku. Ia juga muncul di dalam film, serial televisi dan radio. Sudah banyak aktor yang memerankan karakter itu secara bergantian. David Suchet merupakan satu-satunya aktor yang berperan sebagai Poirot dalam serial televisi, mulai 1989 sampai 2013.

Ketika ia pensiun sebagai Poirot, belum ada yang bisa menilai siapa yang tepat untuk menggantikannya. Ia sempat mendapat predikat Poirot Terbaik versi Entertainment Weekly pada 26 Desember 2014.

Sayangnya, karakter itu tidak selamanya berada dalam cerita Agatha Christie. Poirot terakhir muncul dalam novel bertajuk Curtain pada 1975.

Kemunculan terakhir Poirot itu telah menyita banyak perhatian. Bahkan ia merupakan satu-satunya karakter fiksi yeng mendapat obituari di halaman depan The New York Times. Ini menjadi bukti bahwa Poirot begitu tenar di kalangan pembaca.

Reporter : Firda Padila

BERIKAN KOMENTAR POSITIF

Ayo berikan komentar
Tuliskan nama

Berita Terbaru

Semangat! Ini Deretan Film Tentang Pemuda Tanah Air yang Menginspirasi

MATA INDONESIA, JAKARTA - Hari sumpah pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. 93 tahun lalu, tepat pada tahun 1928,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini