7 Quotes Albert Camus ini Bisa Membuat Hidup Kamu Lebih Bermakna

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Seorang filsuf Prancis bernama Albert Camus memiliki pemikiran-pemikiran filosofi yang unik dan dikenal dengan absurditasnya.

Ia memiliki sebuah pandangan tentang anehnya hidup, yang penuh ke absurdan. Salah satu pandangannya yaitu tidak adanya harapan tidaklah berhubungan dengan keputusasaan.

Berikut 7 kata-kata bijak Albert Camus, yang membuat kamu bisa melihat kehidupan yang lebih bermakna!

1. “La tentation la plus dangereuse: ne ressembler à rien”

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia yaitu godaan yang paling berbahaya: tidak terlihat seperti apa pun. Menjadi yang terdepan memang akan melelahkan. Tetapi menjadi biasa saja dan tidak berbuat apa-apa membuat kamu tidak akan menjadi siapa-siapa. Bekerja keras dan lakukan yang terbaik demi menggapai mimpi dan cita-cita.

2. “Kata-kata yang keluar dari hati selalu sederhana”

Ungkapan sederhana memang selalu keluar dari hati, kata-kata itu selalu mudah dipahami. Bukan deretan kata yang kompleks namun sulit dipahami dan sama sekali tidak bermakna. Belajar dari kesederhanaan, membuat hidup menjadi bermakna.

3. “Kesuksesan dan kebahagiaan akan sangat berarti jika kau mau berbagi dengan orang lain”

Sebagai manusia, kita tidak bisa hidup sendiri. Kita hidup bermasyarakat dan bernegara. Alangkah baiknya kita peduli terhadap orang lain dan lingkungan sekitar kita. Jika kita sukses dan bahagia, maka kita sebaiknya menularkan kebahagiaan kepada orang disekitar kita, baik keluarga, sahabat, atau orang yang membutuhkan.

4. “Kau tak akan pernah bahagia jika kau terus mencari kebahagiaan itu seperti apa. Kau pun tak akan pernah hidup jika kau masih mencari makna kehidupan”

Tujuan hidup bukanlah sekedar mencari kebahagiaan. Kebahagiaan akan datang bersama dengan perjalanan kehidupan. Karena di kehidupan bukan hanya bahagia, namun bercampur-campur rasa yang mewarnainya. Lakukan hal-hal yang kamu senangi dan berguna untuk orang lain, niscahya kebahagiaan akan mengiringi dalam kehidupanmu.

5. “Yang terberkati adalah hati yang bisa membengkok karena mereka tidak akan pernah patah”

Tak perlu terus-menerus bersedih, hatimu butuh istirahat dari hiruk-pikuk dunia. Kekecewaan atau  penyesalan pasti pernah kamu alami, namun kamu harus kuat dan melangkah dengan tegak. Masalah yang pernah kamu hadapi, pasti akan menguatkan kamu dalam menghadapi setiap masalah yang datang.

6. “Ne marche pas devant moi, je ne te suivrai peut-être pas. Ne marche pas derrière moi, je ne te guiderai peut-être pas. Marche à côté de moi et sois simplement mon ami!”

Kalimat tersebut memiliki makna yaitu sebagai seorang sahabat yang baik, akan selalu ada disaat senang maupun susah. Kata bijak Albert Camus memiliki arti dalam bahasa Indonesia yaitu, jangan berjalan dibelakangku karena aku tidak akan memimpinmu. Jangan berjalan di depanku karena aku tidak akan mengikutimu. Berjalanlah di sisiku sebagai sahabatku!

7. “Manusia memiliki dua wajah: dia tidak bisa mencintai, tanpa mencintai dirinya sendiri”

Manusia terkadang lebih mudah mencintai orang lain, daripada mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri merupakan hal yang sangat penting. Kamu harus bisa menerima kekurangan atau kelebihan yang ada pada diri sendiri. Dengan cara itu, kamu lebih bisa menghargai orang lain. (Hastina/R)

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini