5 Hoax Terpopuler di Indonesia dan Dunia Sepanjang 2019

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Deretan peristiwa yang terjadi di sepanjang tahun 2019 ini memang tak ada habisnya. Mulai dari politik hingga bencana alam. Namun tahukah kamu salah satu fenomena yang menggemparkan di tahun 2019 ialah munculnya berita hoax yang kian marak.

Maraknya hoax atau berita palsu memang selalu hadir dari tahun ke tahun dan membuat resah masyarakat.

Berikut ialah deretan berita hoax yang menggemparkan di Indonesia dan dunia tahun 2019. Kira-kira kamu pernah percaya yang mana nih?

1. Pemilu 2019

Paslon Prabowo-Sandiaga dan Jokowi-Ma’ruf dalam Pilpres 2019 (foto: istimewa)

Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 ini juga menjadi salah satu momentum penting. Di momen pemilu ini, muncul banyak berita bohong yang berkaitan, seperti Syeikh Ali Jaber yang mendukung Presiden Joko Widodo, hasil quick count disalah satu televisi swasta yang menyatakan Prabowo menang, hingga surat suara yang sudah tercoblos di Surabaya.

2. Dwayne Jhonson (The Rock) Meninggal Saat Syuting

Dwayne ‘The Rock’ Johnson

Aktor kawakan Hollywood, Dwayne Jhonson atau akrab dikenal The Rock dikabarkan meninggal saat menjalani syuting. Namun, setelah ditelusuri, berita tersebut hanyalah ulah usil warganet semata atau hoax. Netizen dan para penggemarnya sempat panik pada saat itu. Bahkan tak sedikit dari mereka yang mengucapkan bela sungkawa di akun sosial medianya.

3. Gelombang Panas Ekstrem

Gelombang panas

Beberapa waktu lalu, beredar pesan broadcast yang mengimbau masyarakat Indonesia untuk berhati-hati dengan gelombang panas ekstrem, yakni di atas 40 derejat celcius yang akan berlangsung selama beberapa hari. Tapi tahu kah kamu kalau itu hanyalah hoax. Badan Klimatologi dan Geofisika (BKMG) menyatakan bahwa tidak ada gelombang panas ekstrem yang akan menyerang Indonesia.

4. Cristiano Ronaldo Menikah

Ronaldo dan Georgina

Kabar hoax yang menggemparkan lainnya di tahun 2019 datang dari pesepak bola dunia, Cristiano Ronaldo. Beredar kabar, bahwa dirinya telah menikahi sang kekasih, Georgina Rodriguez. Sontak para fans dan netizen pun kaget dan bertanya-tanya akan kebenaran berita tersebut. Namun, meski dikarunia anak oleh Georgina, Ronaldo membantah jika ia telah menikahinya.

5. Habib Rizieq Pulang ke Indonesia

Habib Rizieq Shihab
Habib Rizieq Shihab

Hoax terakhir dan masih segar diingatan ialah berita kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab dari Arab Saudi. Hoax tersebut ramai ketika berlangsungnya Reuni 212 yang diadakan di Monas, 2 Desember 2019 lalu. setelah itu, beredarlah video yang memperlihatkan Habib Rizieq berada di bandara. Sayangnya, berita itu hanya hoax semata. Video itu pun merupakan rekaman lama di tahun 2017. (Annastasya Rizqa/RyV)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini