5 Hal yang Dilakukan Milenial untuk Memaknai Hari Sumpah Pemuda

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai “Hari Sumpah Pemuda.” Kita harus memaknai sumpah pemuda dengan penuh semangat.

Lantas bagaimana cara menafsirkan Sumpah Pemuda di era milenia saat ini? Sebagai generasi muda masa depan bangsa, kita juga harus memahami isi Sumpah Pemuda yang berisi komitmen anak muda agar kita dapat lebih mencintai tanah air.

Nah, biasanya Sumpah Pemuda diperingati dengan cara mengikuti upacara di sekolah, pemerintah, atau instasi lainnya. Tapi selain itu, ada banyak loh kegiatan yang bisa dilakukan, terutama bagi kita kaum milenial yang mempunyai peranan penting sebagai penerus bangsa.

Ini dia 5 hal yang bisa kita lakukan untuk memaknai Hari Sumpah Pemuda :

  1. Saling menghormati dan menghargai

Fokus dari momentum Sumpah Pemuda yakni mempersatukan seluruh aspek bangsa, tidak hanya pemuda. Termasuk juga menyatukan semua ras, agama dan suku dalam satu “rumah” besar yaitu Indonesia.

Namun seiring berjalannya waktu, masih banyaknya peristiwa yang dapat memecah belah antar kelompok dan etnis.

Sementara itu, untuk mencegah agar hal tersebut tidak terulang kembali, penting bagi kita untuk menumbuhkan rasa persatuan melalui sikap saling menghormati dan saling menghargai antar sesama.

Anda dapat mulai dengan hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, menanamkan toleransi antar kelompok agama untuk membantu teman yang tengah kesulitan.

  1. Rajin Belajar & Berpestasi

Para pemuda zaman dulu punya semangat yang tinggi untuk memajukan Indonesia. Hal itu lah yang harus ikut kita tanam di diri masing-masing. Nggak cuma itu, untuk membangun negeri dan bangsa ini pastinya dibutuhkan sumber daya manusia yang unggul.

Nah, yang bisa kita lakukan salah satunya adalah dengan rajin belajar dan berprestasi. Berprestasi nggak harus secara akademik kok. Kita juga bisa berprestasi di bidang non-akademik selama itu bernilai positif.

Sebelumnya, kita juga harus mengenali passion kita dulu nih. Sehingga, nantinya kita bisa berjuang sesuai dengan bidang yang memang dikuasai.

  1. Sebarkan energi positif

Meski terkesan sepele, namun penyebaran informasi positif dapat berdampak besar bagi masyarakat. Cara ini sangat cocok untuk menyebarkan semangat sumpah pemuda.

Sebagai wujud dari peran warga negara dan generasi muda yang baik di era milenium, pesan-pesan positif juga dapat kalian sebarkan dimanapun dan kapanpun.

Tidak jarang kita mendapatkan berita bohong yang menimbulkan kontroversi di berbagai masyarakat.

Dengan menyebarkan pesan-pesan positif, setidaknya kita dapat membangun kembali semangat solidaritas untuk memperkuat persaudaraan sesama.

  1. Mengulas Sejarah & Belajar Budaya

Hal lain yang bisa lakukan untuk memaknai Sumpah Pemuda adalah dengan mengulas kembali sejarah terdahu sambil belajar mengenai berbagai macam budaya Indonesia yang kaya.

Dengan begitu, kita bisa terinspirasi oleh perjuangan para pemuda zaman dulu dan mengikuti perjuangannya.

Ada banyak cara untuk kita bisa belajar soal sejarah, apalagi di zaman sekarang. Kita bisa browsing di Internet, menonton video-video perjuangan di YouTube, atau lebih baik lagi kalau kita mengunjungi Museum Sumpah Pemuda. Kita juga bisa baca buku-buku seperti buku karya Ayu Lestari berjudul “Menjadi Pemuda Harapan Bangsa” dan “PRISMA: Gerakan Pemuda 1926-2011” oleh Tim Prisma.

  1. Menjungjung Bahasa Indonesia

Hari Sumpah Pemuda menjadi peristiwa yang penting bagi lahirnya bahasa Indonesia, yang menjadi bahasa pemersatu bangsa.

Nggak ada salahnya kita jago dalam berbahasa asing seperti Inggris, Jepang atau Korea. Justru,hal itu bagus untuk masa depan. Tapi, jangan sampai kita lupa dengan bahasa kita sendiri.

Oleh karena itu, kita harus menguasai bahasa Indonesia, berbahasa yang baik dan benar, dan pastinya bangga berbahasa Indonesia.

Reporter : Nabila Kuntum Khaira Umma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini