5 Berlian Paling Terkenal di Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Perhiasan yang paling mahal di dunia ini adalah berlian. Sebagai batu permata, berlian adalah batu intan yang diasah dengan luar biasa baik hingga memancarkan kilau yang sungguh mempesona. Semakin besar dan indah  semakin mahal pula harganya.

Berlian ditemukan sejak 800 tahun sebelum Masehi. Tambangnya pertama kali ditemukan di India. Pada saat itu, India sudah maju akan pertambangannya yang menghasilkan banyak jenis batu mulia. Salah satunya sudah pasti dikenal karena muncul di film Titanic, The Hope Diamond, yang terkenal akan kutukannya. Dari kualitas dan kuantitasnya, India pun mulai memperkenalkan batu mulia ini ke Cina melalui Jalur Sutra. Para peminat berlian dari berbagai negara pun bermunculan.

Selain untuk perhiasan, berlian juga dijadikan alat untuk mempertajam alat lain seperti memperkuat persenjataan yang digunakan untuk bertempur. Pada awal-awal Dark Ages, yaitu masa dimana Renaissance hancur dan pemerintahan dipegang secara mutlak oleh gereja, berlian dipercaya memiliki kemampuan untuk menolak hal-hal jahat dan bahkan beralih fungsi sebagai amulet yang mampu menyembuhkan sakit-penyakit.

Berlian sangatlah berharga sampai-sampai disebut abadi. Membutuhkan teknik tinggi dan dedikasi untuk menghasilkan berlian yang mampu memancarkan cahaya dengan sempurna.

Lima berlian ini dikenal karena keindahan dan perjalanan sejarahnya.

  1. Koh-i-Noor.
Berlian Kooh I Noor
Berlian Kooh I Noor

Salah satu yang paling terkenal dan memiliki sejarah panjang dalam kepemilikannya saat ini tersemat di mahkota sang penguasa Inggris Raya. The Queen Mary’s Crown merupakan mahkota miliki Ratu Elizabeth II yang dihiasi oleh batu permata bernama Koh-i-Noor.

Pada abad ke-18, Koh-i-Noor mendapat julukan “Mountain of Light” Karena jumlah karatnya paling besar diantara batu mulia lain yang pernah ditemukan. Dan hingga saat ini pun, julukan itu tetap disandang oleh Koh-i-Noor karena belum ada yang dapat menyainginya. Koh-i-Noor ditemukan di Tambang Kollur dekat tepi Sungai Krishna di Golconda yang sekarang lebih dikenal dengan Andhra Pradesh, India.

  1. Cullinan Major Diamonds

Ditemukan pada tahun 1905 di tambang Afrika Selatan. Berlian sebesar 3.106 karat di temukan oleh Thomas Cullinan oleh sebab itu dinamakan Cullinan Major Diamonds. Benda ini sempat diberikan kepada Raja Edward VII sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke-66. Setelah itu dipecah mejadi 105 bagian. Saat ini tujuh diantaranya dimiliki oleh Ratu Elizabeth sebagai miliknya pribadi.

  1. The Noor-ul-Ain Tiara dan Darya-i-Noor

Tahun 1958, “The Noor-ul-Ain” disematkan secara permanen pada tiara Noor-ul-Ain. Perhiasan ini diberikan untuk Ratu Iran, Farah Diba saat pernikahannya dengan Reza Shah Pahlavi. Batu mulia ini mulai dikenal sejarah pada abad ke-18, ketika Persia menyerang India. Ia menjadi milik Nader Shah Afshar, seorang Shah Persia antara tahun 1698 – 1747.

Berlian ini lebih kecil daripada potongan pertama, yaitu berlian Darya-i-Noor yang mendapat julukan sebagai “The Sea of Light” yang berarti “Lautan Cahaya”. Terkenal akan jumlah karatnya yang besar yaitu sekitar 186 karat dengan warna merah muda pucat tertua dan menjadi berlian paling langka.

  1. The Earth Star Diamond

Berlian ini ditemukan pada 1967 oleh Jagersfontein Mine di Afrika Selatan dan dimiliki oleh perusahaan batu permata bernama De Beers. Berlian ini memiliki bobot 248,9 karat. Bobotnya kemudian menurun menjadi 111,59 Karat ketika diasah oleh Louis dan Jack Baumgold di New York dan dibentuk menyerupai pir. Perjalanan berlian ini cukup panjang hingga akhirnya kembali ke Afrika Selatan pada 1971.

  1. The Hope Diamond

Memiliki warna biru tua yang membuat siapa saja terpesona meilhatnya. Berlian ini ditemukan di India pada tahun 1642. Memiliki bobot 45,52 karat dengan harga mencapai USD 250 juta atau setara dengan Rp 3,3 triliun. Sebelum dicuri pada era revolusi Prancis digunakan oleh Raja Louis ke-14. Pada tahun 1958 pemilik batu mulia saat itu seorang pedagang berlian terkenal di New York, Harry Winston melakukan tindakan terpuji.

Ia memutuskan untuk menyumbangkannya ke Museum Nasional Sejarah Alam. Batu permata ini sekarang tersimpan dengan apik hingga kini dengan harga lebih dari 200 juta dolar. Berlian ini tak lepas dari legenda juga mitos yang mewarnai perjalananya. Meski cantik dan berharga fantastis, berlian ini dipercaya terkutuk dan mampu mendatangkan kesialan bagi pemiliknya.

Reporter : Ananda Nuraini

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini