Catedral Metropolitana de Brasilia di Brasil

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bangunan gereja merupakan tempat ibadah umat Kristiani. Selain memiliki catatan sejarah tersendiri, bangunan tersebut juga memiliki bentuk yang unik. Berikut ini adalah daftar bangunan gereja yang unik di dunia :

1.Hallgrimskirkja – Islandia

Gereja dengan desain arsitektur futuristik ini berdiri di ibukota Islandia, Reykjavík. Konon desainnya terinspirasi dari Svartifoss, air terjun kolom basal yang ada di Skaftafell in Vatnajokull National Park. Bangunan setinggi 74,5 meter ini rampung dibangun pada tahun 1986.

2. Catedral Metropolitana de Brasilia – Brasil
Katedral yang satu ini bentuknya lain dari geraja pada umumnya. Tidak bernuansa klasik dan dipenuhi ukiran, tetapi justru berkesan modern. Gereja ini memiliki nama resmi Catedral Metropolitana Nossa Senhora Aparecida, didedikasikan untuk Perawan Maria, santo pelindung Brazil.

Oscar Niemeyer, sang arsitek mendirikan bangunan gereja megah tersebut pada struktur beton 16 kolom yang masing-masing seberat 90 ton.

3. Gereja The Holy Sepulchre – Yerusalem

Gereja The Holy Sepulchre adalah gereja yang dibangun pada masa Kristen ortodoks. Dalam pembangunannya gereja ini dibuat dengan menggunakan material berupa batu dan juga kayu. Hal yang membuat gereja ini menjadi makin menarik adalah mengenai penampilannya. Gereja The Holy Sepulchre ini memiliki penampilan kuno yang membuatnya menjadi bangunan yang sangat menawan.

4. Gereja Ziarah Wies – Jerman

Banguan gereja yang berada di kaki pegunungan alpen Bavaria tersebut, menawarkan keindahan yang mempesona bagi siapapun yang mengunjungi gereja ini. Dari luar halaman, gereja ini tampak polos seperti gereja biasa. Namun arsitektur bagian dalam gereja sungguh mempesona. Ukiran dinding dan berbagai ornamen berlapis emas menjadikan gereja ini begitu megah. Di gereja ini, banyak orang berbondong -bondong datang karena mempercayai adanya mukjizat yang pernah terjadi di sini.

5. Gereja Mont Saint-Michel – Prancis
Gereja Mont Saint-Michel di Prancis ini merupakan bangunan gereja megah nan unik. Bangunan gereja dan biara yang terletak di tengah laut ini lebih seperti kastil megah dari kejauhan.

Pada saat air laut surut, pengunjung bisa mencapai lokasi gereja melalui jalur darat. Kemegahan gereja dengan 1000 anak tangga yang akan membawa pengunjung ke puncaknya ini menarik minat setidaknya hingga 3 jutaan wisatawan setiap tahunnya. Gereja yang dibangun pada tahun 709 ini menawarkan kemegahan bangunan abad pertengahan.

Reporter : Anastasia Irawati

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here