Megawati Soekarnoputri di hari ibu
Megawati Soekarnoputri

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pada 23 Juli 2001, Megawati Soekarnoputri naik sebagai Presiden RI, menggantikan Abdurrahman Wahid yang dilengserkan. Ia menjadi perempuan pertama yang menjadi Presiden RI, bahkan satu-satunya hingga saat ini.

Tiga tahun memimpin Indonesia, sejak 2001 hingga 2003, Megawati telah menorehkan banyak prestasi gemilan bagi negara.

Dari sederet prestasinya sebagai presiden, berikut adalah 5 yang terbaik:

1. Stabilisasi Kondisi Polhukam

Sejak Megawati menjabat sebagai Presiden RI, kondisi politik hukum dan keamanan (polhukam) yang sempat gaduh sejak 1998 hingga 2001 perlahan mulai stabil. Indonesia mulai melakukan pembangunan secara perlahan.

2. Pemberantasan Korupsi

Di masa kepemimpinan Megawati, pada tahun 2002, berdirilah sebuah lembaga negara yang bersifat independen, yakni Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pendirian KPK adalah bukti bahwa Indonesia mulai serius memberantas korupsi yang sudah lama menggerogoti bangsa.

3. Menyehatkan Perbankan Nasional

Setelah krisis ekonomi yang berat pada 1998, kondisi perbankan nasional tak kunjung membaik, bahkan terbilang kolaps. Barulah di akhir masa kepemimpinan Megawati, perbankan kembali bangkit, terbukti dengan pembubaran BPPN pada Februari 2004. Hasilnya, perbankan nasional hingga kini terus tumbuh.

4. Stabilisasi Ekonomi Makro

Di era Megawati, fundamental ekonomi makro meliputi inflasi, BI rate, pertumbuhan ekonomi, kurs rupiah terhadap dolar, dan angka kemiskinan mulai stabil.

5. Optimalisasi Peran Legislatif

Megawati memberikan kondisi yang kondusif bagi legislatif untuk melakukan fungsi legilasinya sehingga banyak undang-undang yang telah disahkan pada masa kepemimpinan Megawati dibandingkan masa pemerintah lain saat itu.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here