Kamis, Desember 9, 2021

22 Juta Saksi TKN Siap Kawal Pemilu 2019

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Puluhan juta saksi disiapkan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin untuk menghadapi Pemilu pada bulan April 2019. Tercatat ada 22 juta saksi yang akan mengawal jalannya pesta demokrasi Pilpres dan Pileg tahun ini.

Wakil Direktur Saksi TKN Lukman Edy menyebut, 22 juta orang tersebut terdiri dari 10 partai pendukung Jokowi dan tim khusus TKN. “Karena Pak Jokowi ada 10 partai pendukung, maka menjadi 22 juta,” kata Edy di Jakarta, Rabu 27 Februari 2019.

Nantinya, mereka akan tersebar di semua TPS yang berjumlah sekitar 805 ribu, ditambah saksi desa, kecamatan, kabupaten, provinsi. “Jadi sekitar 2 juta per partai. Kami TKN juga menyiapkan saksi khusus 2 juta orang,” kata dia.

Sebelum turun ke lapangan, lanjut dia, para saksi tersebut akan dibekali materi apa saja yang akan dilaporkan dalam memberikan kesaksian pada Pemilu 2019. Salah satunya materi menginput data pada sistem TKN.

“Dengan sistem tersebut, TKN akan tahu lebih dulu rekapitulasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum,” ucap Lukman.

Sedangkan mengenai dana saksi, Lukman tidak memberikan rincian khusus. Pihaknya mengaku masih menunggu ketetapan KPU terkait dana kampanye agar tidak menyalahi aturan.

Disisi lain, Lukman tidak menampik dana saksi akan menelan biaya triliunan rupiah. “Kalau ditotal semua, Partai-partai bisa triliuan rupiah. Tapi kan sistem pembiayaanya berjenjang,” ujar Lukman. (Yurintas Aisyara)

Berita Terbaru

Terungkap, Apple dan Cina Teken Kontrak Rahasia Bernilai Triliunan Rupiah!

MATA INDONESIA, BEIJING – Chief Executive Officer (CEO) Apple, Tim Cook diketahui menandatangani kesepakatan rahasia bernilai multi-miliar USD dengan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini