16 Hal yang Disalah Pahami tentang Introvert

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Introvert adalah sekelompok orang yang kerap disalahpahami. Dibandingkan dengan ekstrovert, mereka berpikir secara berbeda, bertindak secara berbeda, dan bahkan terlihat berbeda ketika berinteraksi dengan orang lain.

Ada banyak kesalahpahaman tentang apa artinya menjadi “introvert.” Berikut 16 di antaranya:

Kesalahpahaman #1: Introvert pemalu

Menjadi “pemalu” dan “introvert” adalah dua hal yang sangat berbeda. Introvert tidak selalu malu atau takut pada orang. Mereka hanya lebih memilih untuk tidak berbicara.

Kesalahpahaman #2: Introvert tidak emosional

Introvert mungkin tidak menunjukkan emosi dengan ekspresi wajah dan gerak tubuh mereka, tetapi ini tidak berarti mereka tidak tertarik dengan apa yang Anda katakan. Introvert lebih suka mengendalikan emosi mereka di sekitar orang lain dan menginternalisasi mereka. Meskipun seseorang yang introvert mungkin terlihat enggan terlibat, hal ini biasanya tidak terjadi.

Kesalahpahaman #3: Introvert tidak suka bekerja dalam kelompok

Introvert sering melakukan pekerjaan terbaik mereka sendiri, sehingga rekan kerja mungkin salah paham dan berpikir mereka tidak ingin mengambil bagian dalam kerja kelompok. Sementara introvert memang memiliki kecenderungan untuk menutup diri dalam kelompok orang yang lebih besar ketika mereka merasa suaranya tidak didengar. Introvert unggul dalam situasi kelompok kecil dan senang bekerja di lingkungan seperti ini, selama pendapat mereka dihargai.

Kesalahpahaman #4: Introvert tidak suka berbicara

Bukannya introvert tidak suka berbicara, tetapi mereka lebih suka mendengarkan sebelum berbicara. Introvert memilih kata-kata mereka dengan hati-hati dan mereka pikir obrolan ringan adalah buang-buang waktu. Namun, mereka lebih dari bersedia untuk melibatkan Anda dalam percakapan mendalam tentang topik yang mereka sukai.

Kesalahpahaman #5: Introvert takut menatap mata Anda

Secara umum, introvert mungkin tidak melakukan kontak mata dengan Anda sebanyak ekstrovert. Ini karena mereka tidak merasa perlu untuk mengambil bagian dalam norma dan ritual sosial seperti halnya ekstrovert, bukan karena mereka “takut.”

Kesalahpahaman #6: Semua introvert adalah pembicara publik yang buruk

Beberapa introvert mungkin tidak suka berbicara dalam suasana kelompok besar; namun, banyak dari introvert adalah pembicara yang berbakat secara alami. Dan, introvert umumnya menghabiskan lebih banyak waktu untuk mempersiapkan pidato dan presentasi.

Kesalahpahaman #7: Introvert hanya ingin dibiarkan sendiri

Memang benar bahwa introvert lebih suka mengisi waktu luang dengan membaca atau merenung di waktu tenang, namun mereka juga mendambakan interaksi manusia dan menikmati kebersamaan dengan orang lain.

Kesalahpahaman #8: Introvert terlalu menganalisis segalanya

Introvert suka menganalisis situasi dan mempertimbangkan semua kemungkinan skenario sebelum membuat keputusan. Terkadang ini dapat menyebabkan “kelumpuhan analisis”, tetapi secara umum, ini adalah sifat positif yang memungkinkan mereka membuat keputusan sulit dengan aliran pemikiran yang rasional.

Kesalahpahaman #9: Introvert tidak suka keluar di depan umum

Introvert mungkin tidak nyaman berada di tempat yang ramai, tetapi mereka suka dengan tempat, orang, dan hal baru.

Kesalahpahaman #10: Introvert sangat tegang

Yang sebaliknya sebenarnya benar. Introvert cenderung jauh lebih datar daripada ekstrovert. Mereka mampu melihat semua skenario secara objektif, bahkan selama masa stres.

Kesalahpahaman #11: Introvert kurang berprestasi

Karena orang-orang memiliki ketertarikan terhadap pemimpin yang karismatik, berkepribadian, dan ekstrovert, beberapa orang menganggap bahwa introvert adalah orang yang kurang berprestasi dibandingkan dengan ekstrovert. Namun, ada jutaan ilmuwan, seniman, dokter, penulis, dan filsuf introvert yang sukses. Prestasi tidak selalu berhubungan dengan tipe kepribadian.

Kesalahpahaman #12: Introvert bisa “keluar dari cangkangnya” dan menjadi ekstrovert

Introvert adalah tipe kepribadian bawaan yang tidak dapat Anda ubah. Banyak orang salah percaya bahwa introvert dapat (atau ingin) “melupakan” kecenderungan pasif dan pendiam mereka.

Kesalahpahaman #13: Introvert itu kasar

Introvert mendapat reputasi buruk karena mereka tidak menunjukkan emosi seperti yang dilakukan ekstrovert. Hal ini menyebabkan orang salah paham dan salah mengartikan sikap wajah batu mereka sebagai kekasaran, padahal tidak demikian.

Kesalahpahaman #14: Introvert tidak menyenangkan

Tentang bersenang-senang bagi kaum introvert, mereka hanya lebih suka lingkungan yang lebih tenang dan lebih rendah. Mereka tidak keberatan pergi ke pesta, tetapi mereka lebih suka menghabiskan waktu bersosialisasi di lingkaran teman-teman mereka.

Kesalahpahaman #15: Introvert tidak menjadi pemimpin yang baik

Introvert bisa menjadi pemimpin yang pendiam tapi percaya diri. Mereka sangat efektif dalam mengelola ekstrovert karena mereka adalah pendengar yang baik dan tidak bersaing dengan mereka.

Kesalahpahaman #16: Ekstrovert lebih bahagia daripada introvert.

Kebahagiaan tidak ada hubungannya dengan tipe kepribadian seseorang. Ada ekstrovert yang bahagia dan tidak bahagia seperti halnya introvert. Tipe kepribadian tidak membuat Anda tidak bahagia.

Reporter: Sheila Permatasari

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini