11 Jenis Ikan Asin Ini Tak Rela Dimakan Galih Ginanjar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Paguyuban ikan asin seluruh Indonesia tampaknya bakal marah besar jika mendengar pernyataan Galih Ginanjar. Sebab, nama mereka ‘dicemarkan’ sebagai ‘pewangi’ yang digunakan mantan istrinya Fairuz A Rafiq.

Andai saja paguyuban atau perkumpulan ikan asin ini nyata, mereka pun bakal melaporkan Galih yang merupakan rakyat +62 itu ke kepolisian. Namun apa daya, ikan asin hanyalah ikan asin yang sudah tidak bernyawa, dan hanya bisa ‘murka’ melihat kelakuan manusia tersebut.

Meski Galih menyebut pernyataan itu hanya candaan semata, Fairuz tampaknya naik pitam melaporkan ayah dari anak pertamanya tersebut ke pihak kepolisian. Yap, kita tahu jika ucapan Galih itu terucap saat menjadi bintang tamu di channel akun YouTube Rey Utami & Benua.

Tak hanya itu, 11 jenis ikan asin yang ada di Indonesia jika bisa bersuara, pun bakal melakukan boikot tidak rela untuk dimakan Galih. Padahal, ikan asin menjadi andalan bagi pecinta sambal dan lalapan.

Asal tahu saja nih Galih, 11 jenis ikan asin ini lebih populer lho dari ketenaran kamu sebagai artis. Apa saja sih? Yuk intip.

1. Ikan asin gabus

ikan-asin-gabus
(Image: Carapengolahan)

Kelebihan lain dari ikan asin ini adalah relatif bersih. Kenapa? Karena sebelum diasinkan, ikan gabus dibelah dan dibersihkan dari sisik, insang, dan isi perutnya.

 Nah, olahan yang paling populer dari ikan gabus yang diasinkan adalah sambel goreng ikan asin gabus, ikan asin gabus balado, dan ikan asin gabus cabe hijau.

2. Ikan asin peda

ikan-asin-peda
(Image: Cara)

Nah, kalau yang satu ini, kamu pasti sudah tidak asing lagi dong ya. Ikan asin peda ini merupakan olahan ikan asin setengah kering. Harga ikan ini juga tidak terlalu mahalIkan asin peda ini biasanya enak diolah menjadi pepes.

3. Ikan asin teri jengki

ikan-jengki
(Image: Cara)

Ikan asin ini sungguh merakyat karena harganya yang sangat murah dan banyak ditemukan di mana-mana.

Eits, walaupun merakyat, nilai gizinya cukup tinggi lho akan kandungan kalsium dan fosfornya, sebab ikan ini dikonsumsi lengkap bersama tulang dan kepalanya.

4. Ikan asin cucut

ikan-cucut
(Image: Simomot)

Ikan asin ini menjadi salah satu olahan khas yang nggak boleh dilewatkan. Yup, asem-asem ikan cucut asin!

5. Ikan asin jambrong

ikan_jambrong
(Image: Wikimedia)

Ikan asin yang satu ini hampir-hampir mirip dengan ikan gabus. Biasanya diolah menjadi sambal, abon, atau digoreng.

6. Ikan asin katamba

ikan-asin-katamba
(Image: Ikanasinbanggai)

Ikan asin katamba termasuk ke dalam ikan asin termahal lho, karena rasanya yang lezat. Nah, biasanya ikan asin jenis ini diolah menjadi sambal goreng tempe atau ikan asin tumis asam.

7. Ikan jambal roti

(Image: Infopeluangusaha)

Ini nih ikan asin paling terkenal deh di Indonesia! Meskipun harganya mahal, tapi ikan jambal roti ini tetap digemari lho karena bentuknya yang tebal seperti roti dan rasanya yang super gurih (dan asin).

Harga yang mahal ini disebabkan oleh dua perpaduan alasan, yaitu permintaan yang tinggi dan bahan bakunya yang terbatas. Bahan bakunya pun harus spesifik yaitu ikan manyung dan kadukang.

Ikan asin ini paling cocok dijadikan campuran nasi liwet atau dibuat tumis super pedas bersama potongan cabe dan pete. Jika sedang malas masak, kamu cukup goreng ikan asin ini dengan potongan dadu kecil, sajikan bersama nasi panas, sayur asem, dan sambal kesukaan. Bikin ngiler kamu kan Galih?

8. Ikan asin tenggiri

12366483_10ikan_asin_tenggiri_n
(Image: Bukalapak)

Tahu nggak, ikan tenggiri itu masih saudaraan dengan ikan makerel, tuna, dan boneto lho. Ikan asinnya ini sering disajikan sebagai tumis bersama sambel yang super pedas dan menggigit.

9. Ikan asin petek

(Image: Menusebulan)
(Image: Menusebulan)

Ikan asin ini bentuknya pipih dan lebar serta garing saat dikonsumsi. Ikan ini gampang sekali diolah. Cukup digoreng sebentar dalam minyak panas, ikan asin ini sudah krispi dan enak banget. Apalagi disajikan bareng nasi panas dan sambel favorit, maknyusss!

10. Cumi Asin atau Cumi Telur

(Image: Lazada)
(Image: Lazada)

Sesuai namanya, ini bukan ikan, ya. Melainkan terbuat dari cumi-cumi kecil yang diasinkan. Cumi asin ini nikmat diolah menjadi cumi pedas manis, sambel cumi asin pete, cumi cabe hijau, dan balado cumi asin.

11. Rebon

rebon
(Image: Lazada)

Kalau yang satu ini, jenis dari udang kecil yang dikeringkan dan diasinkan. Nah, rebon ini paling cocok dimasak dengan kelapa sangrai.

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini