Home Cuitan MI 10 Tokoh Dunia yang Ternyata Introvert, Ada Nama Pendiri Facebook

10 Tokoh Dunia yang Ternyata Introvert, Ada Nama Pendiri Facebook

0
462
Mark Zuckerberg

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada banyak kesalahpahaman tentang introvert. Beberapa melihat orang-orang introvert dengan pandangan yang hiperbola, seperti, “mereka sangat pemalu sehingga mereka tidak akan mampu menyampaikan pidato di depan umum,” atau “dia sangat pemalu dan tertutup — dia tidak suka semua orang.”

Namun, pernyataan berlebihan yang merugikan ini sangatlah salah. Bagaimanapun, orang-orang introvert di bawah ini telah bertanggung jawab atas beberapa pencapaian terbesar dalam sejarah, serta menjadi beberapa pemimpin bisnis dan politik paling sukses di dunia.

Berikut adalah 10 orang introvert paling sukses dalam sejarah:

  1. Albert Einstein

Salah satu ilmuwan terbesar dalam sejarah, Einstein percaya bahwa kreativitasnya berasal dari menjaga dirinya sendiri. Fisikawan itu sering mengatakan, “Kemonotonan dan kesunyian dari kehidupan yang tenang merangsang pikiran kreatif.” Einstein menerima Hadiah Nobel untuk Fisika pada tahun 1921 dan dikenang karena mengembangkan teori relativitas.

  1. Rosa Parks

Parks menjadi salah satu tokoh yang paling penting secara historis pada tahun 1955 setelah menolak memberikan kursinya untuk seorang pria kulit putih. Dalam pengantar bukunya Quiet: The Power Of Introverts in a World That Can’t Stop Talking, Susan Cain menyatakan:

“Saya selalu membayangkan Rosa Parks sebagai wanita agung dengan temperamen yang berani, seseorang yang dapat dengan mudah berdiri di depan bus yang penuh dengan penumpang yang melotot. Tetapi ketika dia meninggal pada tahun 2005 pada usia 92, banjir berita kematian mengingatnya sebagai orang yang lembut, manis, dan bertubuh kecil. Mereka mengatakan dia ‘pemalu’ tetapi memiliki ‘keberanian singa.’ Mereka penuh dengan frasa seperti ‘kerendahan hati yang radikal’ dan ‘ketabahan yang tenang.’”

  1. Bill Gates

Pendiri Microsoft, filantropis, dan orang terkaya di dunia, pernah ditanya bagaimana cara sukses di dunia yang didominasi ekstrovert.

“Yah, saya pikir introvert bisa melakukannya dengan cukup baik. Jika Anda pintar, Anda dapat belajar untuk mendapatkan manfaat menjadi seorang introvert, yang mungkin, katakanlah, bersedia pergi selama beberapa hari dan memikirkan masalah yang sulit, membaca semua yang Anda bisa, mendorong diri Anda sangat keras untuk berpikir. Keluar di tepi daerah itu,” tutur Bill Gates.

“Kemudian, jika Anda menemukan sesuatu, jika Anda ingin mempekerjakan orang, membuat mereka bersemangat, membangun perusahaan berdasarkan ide itu, Anda lebih baik mempelajari apa yang dilakukan ekstrovert, lebih baik Anda mempekerjakan beberapa ekstrovert (seperti Steve Ballmer, saya akan mengklaim sebagai ekstrovert) dan memanfaatkan kedua set keterampilan untuk memiliki perusahaan yang berkembang baik dalam pemikiran mendalam dan membangun tim dan pergi ke dunia untuk menjual ide-ide itu,” sambungnya.

  1. Isaac Newton

Salah satu tokoh terpenting dalam sains, Principia-nya merumuskan hukum gerak dan gravitasi universal. Isaac Newton dikenal sebagai “karakter yang sangat tertutup dan sangat melindungi privasinya.”

  1. Eleanor Roosevelt

Meskipun dia seorang individu yang pemalu, Eleanor Roosevelt “adalah seorang wanita yang memberikan 348 konferensi pers sebagai Ibu Negara, seorang delegasi PBB, seorang aktivis hak asasi manusia, seorang guru, dan seorang dosen yang rata-rata berbicara 150 kali per tahun sepanjang tahun 1950-an.”

  1. Mark Zuckerberg

COO Facebook, Sheryl Sandberg, mengatakan kepada The New York Times pada tahun 2010 bahwa Zuckerberg, pendiri dan CEO situs jejaring sosial, “pemalu dan tertutup dan dia sering tidak terlihat sangat hangat kepada orang yang tidak mengenalnya, tetapi dia hangat,” Dia menambahkan, “Dia sangat peduli dengan orang-orang yang bekerja di sini.”

  1. JK Rowling

Pencipta Harry Potter datang dengan ide karakternya yang paling terkenal saat bepergian dari Manchester ke London. Rowling mengenang, “Saya telah menulis hampir terus-menerus sejak usia 6 tahun tetapi saya tidak pernah begitu bersemangat tentang sebuah ide sebelumnya. Yang membuat saya sangat frustrasi, saya tidak memiliki pena yang berfungsi, dan saya terlalu malu untuk bertanya kepada siapa pun. jika saya bisa meminjam satu … ”

  1. Meryl Streep

Seperti banyak aktor dan aktris, Meryl Streep dikenal sebagai seorang introvert. Namun, Streep adalah pemenang Academy Award tiga kali yang dikenal karena persiapannya untuk menjadi setiap karakter yang ia perankan.

  1. Frederic Chopin

Komposer yang terkenal di dunia dan inspiratif ini begitu tertutup sehingga ia hanya memberikan sekitar 30 pertunjukan publik dalam hidupnya. Sebaliknya, ia bermain untuk sekelompok kecil teman dan mencari nafkah dengan menjual komposisinya dan mengajar piano. Saat-saat paling hening Chopin dikenal sebagai periode komposisinya yang paling produktif.

  1. Nelson Mandela

Dalam otobiografinya, Mandela menyebut dirinya sebagai seorang introvert. Dia menyebutkan bahwa dia lebih suka mengamati selama pertemuan Kongres Nasional Afrika daripada berpartisipasi. “Saya hadir sebagai pengamat, bukan peserta, karena saya rasa saya tidak pernah berbicara,” ujarnya. “Saya ingin memahami masalah yang sedang dibahas, mengevaluasi argumen, melihat kaliber orang-orang yang terlibat.”

 

Reporter: Sheila Permatasari

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here