1 Mei Lahirnya Illuminati, Organisasi Elite Global Dibalik Teori Konspirasi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyak sekali kejadian di tanggal 1 Mei. Selain peringatan Hari Buruh sedunia, bergabungnya Skotlandia dan Inggris menjadi Kerajaan Britania Raya, mulainya Perang Frankland antara Inggris dan Argentina, yang tak kalah penting adalah hari lahirnya Illuminati.

Bagi penggemar teori konspirasi, nama Illuminati memang tak asing. Organisasi rahasia yang ramai dibahas dalam teori-teori konspirasi ini memiliki banyak mitos yang menyertai keberadaannya.

Organisasi ini sering dikaitkan dengan teori konspirasi mengenai peristiwa penting dalam sejarah, seperti pandemi COVID-19, pembunuhan Presiden AS J.F Kennedy, kecelakaan pesawat Malaysian Airlines MH 17, terbentuknya ISIS, dan lain sebagainya.

Illuminati seolah-olah menjadi hal yang tabu bagi masyarakat. Pada 2019 lalu, Ridwan Kamil berada dalam pusaran kontroversi karena desain Masjid Al-Safar yang ia arsiteki disebut mirip dengan lambang Illuminati.

Konspirasi tentang Illuminati ini pertama kali menjadi populer ketika terbit di majalah dewasa ‘Playboy’ pada tahun 1960an.

Melansir dari bbc, Illuminati didirikan oleh seorang professor hukum Universitas Ingolstadt, Adam Weishaupt pada 1 Mei 1776, Organisasi rahasia itu didirikannya untuk melawan pengaruh agama pada kehidupan masyarakat.

Sebenarnya, mereka tidak menentang agama, namun menentang praktik agama tersebut yang dinilai terlalu memaksa. Illuminati juga menentang penyalahgunaan kekuasaan oleh pemerintah. Weishaupt mengharapkan pemerintah tetap memberikan ruang yang aman bagi masyarakat untuk mengeluarkan kritikan, berdebat, dan bebas berpendapat.

Terinspirasi kelompok Freemasons, Weishaupt percaya bahwa masyarakat seharusnya tidak diatur oleh ajaran agama. Masyarakat harusnya mendapatkan kebebasan dan tidak terpaku pada standard moral yang ditentukan oleh agama.

ia mendirikan sebuah organisasi rahasia bernama Perpectibilisen (Kelompok yang sempurna) yang bertujuan menggulingkan kontrol dan supremasi lembaga pemerintah dan agama.

Anggota-anggotanya menyebut diri mereka sebagai illuminati atau orang-orang yang tercerahkan. Sebenarnya Weishaupt tidak menentang agama, ia hanya tidak menyukai cara agama dipraktikkan dan dipaksakan.

Adam Weishaupt
Adam Weishaupt

Weishaupt menulis kelompok Illuminati yang ia bentuk menawarkan kebebasan dari semua prasangka agama, menumbuhkan kebajikan sosial, dan menciptakan kebahagiaan universal.

Bertahun-tahun kemudian, anggota Illuminati terus tumbuh dari yang awalnya tidak lebih dari 10 orang menjadi 600 orang, kemudian berkembang menjadi 2000-3000 anggota pada tahun 1784.

Anggota mereka banyak yang berasal dari kalangan elite seperti politisi, dokter, pengacara, ahli hukum, akademisi, dan penulis terkemuka. Para anggota Illuminati memiliki sikap liberal, anti-gereja, dan memiliki semangat yang radikal.

Ide-ide yang dibawa illuminati ini ternyata banyak menarik perhatian. Pengaruhnya tersebar dengan cepat ke berbagai wilayah di Eropa di antaranya Jerman, Prancis, Belgia, dan Belanda.

Sebelum Illuminati, kelompok Freemasonry yang menawarkan dukungan bagi para pemikir bebas telah berkembang di seluruh Eropa. Illuminati dan Freemasonry kemudian disatukan pada tahun 1782 di Kongres Wilhelmsbad.

Tak lama kemudian markas llluminati-Freemasonry dipindahkan ke Frankfurt, yang saat itu menjadi wilayah yang dikuasai kubu keuangan Yahudi. Salah satu dukungan finansial untuk Illuminati datang dari miliarder Yahudi bernama Meyer Amschel Rothschild. Dengan dukungan ini Illuminati makin berkembang dan memiliki jaringan yang luas.

Kinerja organisasi ini merosot karena pertikaian internal dan akhirnya dilarang oleh pemerintah Bavaria pada tahun 1785. Beberapa anggota dipenjara, sementara yang lain terusir dari rumah mereka. Weishaupt juga diperintahkan untuk meninggalkan Bavaria.

Meski begitu, Illuminati masih tetap eksis di kalangan masyarakat hingga saat ini, khususnya para pecinta teori konspirasi.

Reporter: Andhika Ilham Ramadhan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini