Sejarah Baru di Hari Kemerdekaan

Baca Juga

MATA INDONESIA, – Hai sobat milenials, apa kabarnya? Tetap jaga kesehatan di era pandemi saat ini ya.

Oh ya tidak kerasa sudah masuk bulan Agustus yang tandanya sebentar lagi kita memperingati hari kemerdekaan negara kita tercinta, Indonesia. Gimana sobat milenials, apakah kalian ikut serta dalam acara kemerdekaan tahun ini? jangan paksakan diri kalian untuk melakukan bersama teman-teman ya, karena merayakan hari kemerdekaan bisa dilakukan di rumah bersama dengan keluarga.

Kemerdekaan Indonesia adalah salah satu peristiwa sejarah yang masih diingat dan akan terus ditanamkan pada anak cucu kita nanti, karena hari kemerdekaan memiliki makna dan arti mendalam bagi masyarakat Indonesia. Coba kita melihat kebelakang, para pahlawan yang rela berkorban untuk merebut kembali kemerdekaan negara ini. Hal itu yang akan menimbulkan rasa nasionalisme kita semakin bertambah. Berbahagialah kita yang terlahir saat Indonesia sudah merdeka.

Oh ya, saya adalah seorang anak yang dibesarkan dalam ruang lingkup NKRI harga mati, hahahaha. Iya keluarga besar saya diantaranya kakek saya seorang veteran anggota Tentara Nasional Indonesia. Banyak sekali kisah kakek saat negara ini dijajah. Harus terus berlari untuk tetap bertahan hidup. Kakek juga sering menceritakan bagaimana para pejuang kita bertempur melawan penjajah.

Saat ini kita sudah dapat merasakan yang namanya kebebasan. Tapi bukan berarti kita lupa dengan kebebasan orang lain. Seperti kebebasan berpendapat, kebebasan beragama, termasuk kebebasan merampas hak-hak orang lain, upss untuk yang satu ini jangan ditiru ya sobat milenials.

Kembali pada topik kemerdekaan, banyak cara unik bagi bangsa Indonesia untuk memperingati hari kemerdekaannya diantaranya mengibarkan bendera Merah Putih di setiap rumah. Kata kakek, ”Kalau nggak masang bendera Merah Putih tandanya penjajah, orang Belanda.”

Menghias gapura-gapura di setiap RT RW, upacara bendera, karnaval menggunakan sepeda hias, baju daerah dan yang paling ditunggu-tunggu adalah lomba 17 agustus-an. Lomba apa yang paling kalian tunggu? panjat pinang? balap karung? atau lomba yang lain?

Unik ya negara kita. Tapi sobat milenials tau tidak, bukan hanya Indonesia yang merayakan hari kemerdekaannya, ada beberapa negara yang juga merayakan hari kemerdekaan dengan tradisi yang unik.

Pertama adalah Amerika Serikat (AS). Negara republik federal yang terdiri dari 50 negara bagian dan sebuah distrik federal ini menyatakan hari kemerdekaannya pada 4 juli 1776. Biasanya merayakan hari kemerdekaanya dengan berbagai macam pertunjukan dan karnaval.

Lalu kedua adalah India. Negara ini merdeka pada ulan yang sama dengan kita yaitu Agustus, tepatnya 15 Agustus  1947. Setiap tahunnya masyarakat India memiliki tradisi dalam memperingati kemerdekaannya dengan menerbangkan layang-layang di langit. Ini adalah simbol sebuah kebebasan.

Ketiga ada Prancis yang merdeka dari kerajaan pada 14 Juli 1789. Di negara ini, biasanya ada parade militer dan kembang api yang dipusatkan di menara Eiffel.

Pada kondisi pandemi ini, negara-negara di atas tentunya tidak akan merayakan hari kemerdekaanya. Warganya hanya bisa merayakannya di rumah. Sama seperti kita.

Jadi buat kalian sobat milenials kalau ingin merayakan Hari Kemerdekaan, tetap mentaati protokol kesehatan. Ini demi menjaga keselamatan warga dan negara kita Indonesia.

Penulis : Fauzi Nur Alamsyah
IG : Fauzialamsyahhhhh

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini