Perusahaan-Perusahaan yang Mengusung Ide Mobil Listrik di Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Berbicara soal otomotif, mobil listrik saat ini sering ditemui di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta. Sebenarnya, mobil ini sudah ada sejak 1832, Robert Anderson adalah seseorang yang berkebangsaan Scotlandia yang mengembangkan kendaraan bertenaga listrik untuk pertama kalinya.

Pada tahun 1870-an berkendara menggunakan mobil tenaga listrik sangat praktis, dengan segala kelebihannya yang tidak mengeluarkan suara bising serta asap polusi.

Di tahun 1898, Thomas Alva Edisson sebagai salah satu penemu terkenal yang percaya bahwa mobil bertenaga listrik menjadi sebuah kendaraan di masa depan.

Oleh karena itu, ia berusaha mengembangkan baterai kendaraan tenaga listrik lebih baik dari yang ada sebelumnya bersama Henry Ford.

Ada beberapa produsen atau perusahaan mobil terkenal yang mulai mengembangkan mobil bertenaga listrik pada tahun 1900-an sampai saat ini, apa saja?

  1. Detroit Electrics.

Detroit Electrics adalah sebuah ikon industri mobil Amerika Serikat pada awal 1900-an yang memproduksi mobil tenaga listrik pertama. Perusahaan ini tercatat sudah memproduksi 13.000 mobil listrik dari tahun 1907 sampai 1939. Produksi perusahaan mencapai puncaknya pada tahun 1910-an dengan menjual sebanyak 1000 hingga 2000 mobil listrik dalam setahun.

  1. Baker Electrics.

Baker Electrics yang berasal dari negara Amerika Serikat, pada tahun 1906, Baker Electrics memproduksi mobil tenaga listrik sebanyak 800 unit, menjadikan salah satu perusahaan pembuat kendaraan listrik terbesar di dunia pada saat itu.

Pada tahun 1913, penjualan Baker Electrics diambil alih oleh Detroit Electrics, dan setahun kemudian bergabung dengan sesama pembuat mobil Cleveland yang bernama Rauch & Lang dan namannya menjadi Baker, Rauch dan Lang.

  1. General Motors.

General Motors yang di pimpin oleh Roger Smith pada tahun 1988, membangun mobil tenaga listrik yang bekerjasama dengan AeroVironment California. Mereka berhasil membuat mobil listrik bernama EV1 yang produksinya dimulai pada tahun 1996 sampai 1999. Di tahun 2003 General Motors mengumkan bahwa mereka sudah tidak memproduksi mobil listrik EV1 lagi.

  1. Toyota.

Toyota memperkenalkan mobil hybrid pertamanya yang bernama Toyota Prius pada tahun 1997, Mobil ini terpilih sebagai mobil eropa terbaik pada tahun 2005. Sampai saat ini Toyota Prius masih digunakan sebagai mobil operasional dari beberapa perusahaan taksi di berbagai negara.

  1. Tesla, Inc.

Tesla, Inc yang sebelumnya bernama Tesla Motors ini di dirikan oleh Elon Musk, Martin Eberhard, Marc Tarpennin, JB Straubel, dan Ian Wright yang bermarkas di negara California.

Tesla memperkenalkan mobil sport pertamanya pada tahun 2007 yang bernama Tesla Roadster. Semenjak peluncuran mobil sport ini, banyak negara-negara di dunia mendukung penggunaan mobil tenaga listrik yang ramah lingkungan untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

 

Reporter: Fachmi Juniyanto

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Produksi Sampah Capai 65 Ton selama Lebaran, WALHI Jogja Ingatkan Penanganan Jangan hanya Menumpuk

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mencatat peningkatan sebanyak 65 ton sampah di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul selama periode 8-15 April 2024 atau masa lebaran. Persoalan sampah di DIY ini juga diingatkan oleh WALHI agar Pemda mencari penanganan lanjutan ke depan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini