Ilustrasi (Foto: blokbojonegoro.com)

MATA INDONESIA, – Sebuah kejadian luar biasa melanda dunia ini. Tahun 2020 merupakan tahun terunik menurut saya. Kejadian luar biasa ini unik sekali, membuat manusia terpaksa berubah kearah yang lebih baik. Semua orang lebih memperhatikan kesehatan dan kebersihan. Tak pula memperhatikan lingkungan sekitar, alam tentunya. Itulah mengapa saya anggap ini semua berubah menjadi baik, setidaknya itu harapan saya dan mungkin juga harapan semua orang.

Walaupun terdengar menyenangkan, sedikit sedih, jangan mematahkan semangat kita untuk merayakan HUT Republik Indonesia yang ke-75. Terlepas dari kejadian unik ini, mari kita rayakan HUT RI dengan cara yang unik dan menyenangkan. Hanya butuh peralatan seadanya dirumah, kita bisa ikut memeriahkan HUT RI lho.

Setiap tahun kita merayakan HUT RI dengan lomba-lomba 17-an, namun kali ini kita harus #17anDirumahaja ya. Eits, saya yakin kegiatan ini akan seru banget lho. Terlebih lagi, kita bisa melakukan kegiatan ini bersama keluarga tersayang. Yuk, simak 4 kegiatan 17 Agustus bersama keluarga yang dijamin seru.

1. Dekorasi Rumah
Lomba yang biasa kita ikuti adalah lomba menghias sepeda, namun kali ini bukan sepeda yang kita hias, melainkan rumah kita sendiri. Selain memberi kemeriahan dalam menyambut HUT RI, kita juga bisa berkreasi lho. Pernahkan kalian merasa bahwa mengubah dekorasi rumah itu melelahkan dan menjadi wacana saja? Yup, bagi sebagian orang merasakannya, termasuk saya. Untuk itu, kegiatan dekorasi rumah ini akan menjadi kegiatan menyenangkan.

Kita bisa dekor rumah bersama anggota keluarga. Tidak perlu menggunakan alat dan bahan yang mahal kok, tidak perlu juga membeli cat dan semacamnya. Kita bisa melakukan hal yang murah dengan mengubah tata letak rumah. Selain itu, kita juga membersihkan rumah bersama yang mana rumah akan terlihat bersih dan rapi. Demi menyambut HUT RI yang ke-75, semangat dekorasi pasti akan menjadi menggebu-gebu.

2. Lomba Masak
Lomba memasak bukan lomba yang asing untuk kita. Biasanya lingkungan sekita pun membuat lomba masak ini menjadi salah satu lomba 17-an. Namun kali ini, lomba masak yang kita adakan adalah lomba masak #dirumahaja. Kalian bisa tentukan siapa melawan siapa dalam lomba memasak, bisa dengan pasangan, orang tua, dan saudara. Bahkan kalian bisa lomba memasak online bersama anggota keluarga lainnya secara virtual lho.

Siapkan tempat memasak serta alat dan bahan untuk lomba memasak. Kalian bisa masak apa saja hasil kreasi sendiri. Tidak perlu memasak yang terlalu sulit dan serius, have fun saja bersama keluarga. Tidak perlu juga ada hadiahnya, karena tujuannya bukan untuk menang, melainkan untuk memeriahkan suasana dalam menyambut HUT RI yang ke-75 ya.

3. Jahit Masker
Kegiatan kali ini membutuhkan peralatan untuk menjahit. Menjahit masker merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat loh. Kalian bisa menjahit bersama anggota keluarga. Hasilnya bisa dipakai sendiri atau diberikan kepada tetangga atau teman. Selain itu, anggota keluarga yang belum pernah menjahit bisa belajar bersama.

Menjahit masker tidak sulit lho. Kalian hanya perlu kain bekas (boleh kain perca, kaos bekas, jilbab yang tidak terpakai), benang, jarum, dan pensil untuk memberi tanda. Ukuran dan pola bisa kalian lihat di youtube. Banyak sekali video tentang cara membuat masker yang mudah. Saya sudah mempraktikannya lho.

4. Masak Masakan Tempo Dulu
Selama ini, kita selalu membuat masakan khas untuk hari raya Idhul Fitri, hari raya Idhul Adha, dan hari perayaan lainnya, kecuali pada HUT RI. Kali ini, kita bisa membuat tradisi baru yaitu memasak masakan khas Indonesia untuk merayakan HUT RI. Inilah keuntungan #dirumahaja saat 17 Agustus.

Masakan kali ini harus lebih spesial, misalnya memasak masakan tempo dulu. Apa saja sih masakan tempo dulu? Kalian bisa mencari di mesin pencari yang mana terdapat banyak resep masakan yang bisa kalian buat. Kalian bisa pilih menu yang mudah saja misalnya kue cubit, klapertart, lapis legit, bistik sapi, dan bahkan telur gulung. Selain lebih bersih dan hemat, kalian bisa memasaknya bersama keluarga dengan kreasi kalian sendiri.

Selain kegiatan diatas, masih banyak kegiatan lainnya untuk merayakan hari kemerdekaan. Walaupun tidak bisa bertemu teman dan mengikuti lomba, kalian tetap bisa merayakannya bersama keluarga kok. Kalian juga bisa merayakan bersama teman, keluarga besar, dan tetangga secara virtual. Tidak lupa menonton upacara bersama ya.

Lakukan kegiatan 17 Agustus yang menyenangkan dan seru yang tidak memerlukan peralatan yang sulit dicari. Ciptakan keseruan kalian sendiri. Percaya bahwa kebersamaan dengan keluarga adalah hal terindah dalam hidup. Tetap jaga kesehatan dan kebersihan, serta jagalah keluarga kita dengan tetap #dirumahaja. Selamat Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-75, semoga cepat pulih Negeriku.

Penulis: Siti Iqlima Zeinia
Ig: @imagochi
Twitter : @imagochi
FB: @Iqlima Zeinia

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here