Indonesia Bangkit Melalui Pendidikan

Baca Juga

MATA INDONESIA, – Pendidikan di Indonesia saat ini tengah mengalami penekanan berat dari masa pandemi.

andemi COVID-19 sudah menyebabkan Indonesia dan dunia kewalahan dalam menghadapi semua jenis cobaan yang berlangsung. Sangat mustahil saat ini untuk bisa mengembalikan apapun untuk menjadi semula karena efek pandemi sudah sangat kuat. Banyak aspek yang sudah dirusak dengan berat salah satunya adalah pendidikan.

Banyaknya siswa yang menurun dalam prestasi menjadi salah satu contoh menggambarkan bagaimana dari hari ke hari pendidikan di Indonesia semakin merosot. Ini membuktikan bahwa dalam dunia pendidikan di Indonesia mengalami penurunan yang sangat parah. Hal ini membuktikan bahwa di Indonesia harus mendapatkan penanganan yang serius. Kerusakan yang timbul saat Ini akibat wabah yang menyebar tidak akan pernah sebanding dengan dampak kerusakan di masa hadapan nantinya jika pandemi ini terus berlanjut.

Kerusakan yang dimaksud di sini adalah bagaimana pendidikan yang berperan penting dalam pergerakan sejarah indonesia semakin terancam dalam masa pandemi sekarang. Pergerakan nasional Indonesia seperti yang tercatat dalam sejarah dimulai dari lahirnya kaum terpelajar yang mempelopori kemerdekaan.

Mulai dari pergerakan itu, maka muncullah yang disebut dengan sumpah pemuda lalu proklamasi kemerdekaan. Sebuah perjalanan yang panjang dan tampaknya akan terhenti sekarang akibat pandemi. Kita lihat saja, dengan keadaan saat ini, kemampuan pendidikan untuk menghasilkan seseorang yang hebat sangat kecil kesempatannya. Kita ambil contoh, ketika melaksanakan pertemuan virtual untuk menjelaskan pelajaran matematika misalnya, ada siswa yang membuka aplikasi lain.

Contohnya media sosial, tempat menonton video, tempat pencarian situs, dan lain sebagainya. Ini memang sering terjadi, kenapa? Karena kuatnya tarikan media sosial dibandingkan dengan penjelasan guru yang justru dianggap membosankan. Ditambah dengan peluang emas yang memungkinkan, murid menjadi lebih kreatif dalam memanfaatkan teknologi.

Ini menjadi kajian yang sangat serius bagi seluruh pihak karena apabila masalah ini berkelanjutan maka akan menimbulkan krisis insan cerdas di Indonesia akibat distraksi telepon genggam. Nantinya, ini akan berpengaruh ke sektor lain seperti politik, ekonomi, kesehatan, bahkan di bidang pendidikan sekalipun. Inilah penyebab timbulnya penjajahan secara mental oleh pihak luar negeri yang mempunyai kekuatan lebih

Pendidikan menjadi salah satu metode bangkitnya Indonesia sebenarnya meskipun ada jutaan hambatan untuk itu. Pendidikan di Indonesia menjadi sarana bangkitnya Indonesia karena pendidikan merupakan poin utama dalam memperbaiki aspek lainnya. Sebut saja, ekonomi. Dalam dunia ekonomi, pendidikan ekonomi menjadi hal yang penting. Pendidikan ekonomi bisa mengubah masa sulit Indonesia saat ini.

Contoh lain, politik. Pendidikan bisa menghasilkan orang yang cerdas dan kreatif untuk mendapatkan kesempatan duduk di bangku pemerintahan. Harus dengan pendidikan seorang yang duduk di bangku perwakilan rakyat tidak melakukan tindakan tercela. Di sinilah, peran pendidikan sebagai metode Indonesia bangkit. Orang yang berpendidikan akan bisa untuk menghasilkan keputusan yang bagus sehingga bisa mengubah bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik.

Indonesia akan selamat dari banyaknya bahaya yang mengancam jika para orang terdidik memanfaatkan kepintaran dan ilmunya demi bangsa dan negara. Keputusan yang diambil dan dihasilkan pastinya akan sangat berkualitas demi menyelamatkan negara sendiri dari bahaya.

Evaluasi penting untuk diterapkan saat ini oleh pihak pendidik di seluruh Indonesia dan orang tua yang berada di tanah pusaka. Tidak ada lagi peluang untuk mengubah keadaan karena nyawa adalah taruhannya, tetapi kita tidak perlu mengubah keadaan. Yang perlu kita ubah adalah kebiasaan yang selalu mengiringi dan mengurungi kita setiap hari.

Aktivitas kita yang saat ini lebih banyak di rumah aja lebih bisa melihat dan menjaga anak. Orang tua terus bisa memantau tumbuh dan kembang anak supaya ke depannya mereka bisa menjadi agen yang akan menyebabkan perubahan di Indonesia dan dunia. Dengan adanya pengawasan, juga diharapkan anak-anak dapat menjalani kehidupan di masa depan lebih baik serta menjadi agen bangkitnya bangsa Indonesia.

Jangan sampai insan Indonesia dipengaruhi oleh pandemi yang tidak kunjung sembuh. Pemuda dan pemudi adalah harapan dari bangsa kelak, apabila setiap titiknya sudah dicemari maka akan menjadi ancaman yang sangat berbahaya bagi negara kita. Bangkit atau tidak, maju atau mundur, jatuh atau bangun, menang atau kalah, semuanya tergantung kepada bagaimana penerus bangsa mengambil bagian di setiap titiknya. Mari kita wujudkan Indonesia bangkit melalui pendidikan! Bersama memajukan bangsa melalui pendidikan!

Penulis: Rico Fernando

Instagram: @boring.25

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini