MATA INDONESIA, – Bicara Hari Kemerdekaan Indonesia, yang terlintas di pikiran kita adalah 17 Agustus. Berbagai aktivitas seru bisa dilakukan banyak orang menjelang Hari Kemerdekaan. Dari kerja bakti, membuat agenda perlombaan sampai persiapan upacara bendera. Entah tua maupun muda, pria maupun wanita. Semua orang antusias melaksanakannya.

Tak terkecuali kami, keluarga kecil dengan satu kepala keluarga, satu istri, dan satu anak laki-laki berusia kurang dari 2 tahun. Bagi kami, ini adalah momen yang pas untuk menanamkan rasa cinta Tanah Air serta mengajarkan arti perjuangan dan kemerdekaan yang berhasil diraih pahlawan terdahulu.

Banyak anak-anak mengikuti perlombaan ataupun upacara hanya dianggap ajang seremonial saja. Itulah mengapa kami lebih memilih mengajarkan teori terlebih dahulu, sebelum praktek.

Sembari memanfaatkan momen kemerdekaan, untuk mendapatkan momen dan pengalaman tak terlupakan bagi anak. Kita bisa sekaligus menanamkan nilai-nilai positif dengan kemerdekaan ini. Mengajarkan arti perjuangan dan kemerdekaan membuat anak-anak memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi.

Berikut adalah aktivitas yang kami lakukan menjelang Hari Kemerdekaan.

1.Membersihkan serta merapikan mainan bersama adalah kegiatan pertama kami. Tidak ada salahnya jika kita melakukan kegiatan ini, selain mengajarkan anak bertanggung jawab, kegiatan ini bisa meningkatkan inisiatif dan kemandirian anak. Kegiatan merapikan ini, bisa juga menjadi sarana pelatihan motorik anak. Ketika melakukan kegiatan ini, anak diajak untuk berpikir dan memilah mainan untuk masuk ke dalam kotak atau tempat yang sesuai. Di sini, anak belajar tentang Pra-matematika, yaitu mengelompokkan benda.

2.Selain mengasah daya kreativitas anak kita bisa membuat aneka pernak-pernik bertemakan Kemerdekaan. Kreativitas merupakan salah satu potensi anak yang harus dikembangkan sejak dini. Anak akan lebih berani melakukan inovasi dan lebih baik dalam mengambil keputusan ketika mereka berpikir kreatif. Tentunya anggaran kegiatan ini tidak perlu mahal. Hampir setiap rumah pasti memiliki barang bekas. Tak jarang barang bekas ini dibuang dan jarang sekali dimanfaatkan kembali. Padahal barang bekas ini bisa dibuat beraneka ragam kerajinan tangan. Yang salah satunya bisa kita manfaatkan untuk dekorasi menyambut Hari Kemerdekaan. Hanya bermodalkan barang bekas atau barang yang sudah tidak terpakai, kita bisa membuat berbagai dekorasi pernak-pernik untuk memeriahkan atmosfer kemerdekaan.

3.Ketika kita ingin menyemarakkan Hari Kemerdekaan, libatkan anak untuk memasang bendera Merah Putih di rumah. Ini penting agar anak paham dan menghargai bendera Merah Putih sebagai lambang Negara Indonesia. Bagi yang anaknya lebih dewasa dari anak kami, bisa sembari diajarkan arti dari warna Merah Putih. Serta pembelajaran sejarah lainnya, seperti siapa yang menjahit bendera Merah Putih, siapa pengibar, serta waktu dan tempat pengibaran. Dengan begitu, anak kita lebih mendalami makna Perjuangan sesungguhnya dan lebih menghargai jasa para pahlawan yang ikut terlibat.

4.Menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya seraya memberikan hormat kepada Sang Saka Merah Putih tidak lupa kami ajarkan sejak dini. Ya, si kecil hanya mendengarkan sembari ikut memberikan hormat. Lagu nasional dan daerah kini sudah mulai jarang dilantunkan anak-anak. Anak-anak seringkali lebih menyukai menyanyikan lagu bertema umum, dewasa, hingga lagu yang berasal dari luar. Dengan diadakannya kegiatan ini, pelan-pelan si kecil akan terbiasa mendengar bahkan akan terbiasa menyanyikan lagu Kebangsaan. Pada saat menyanyikan lagu Indonesia Raya, jangan lupa untuk mengajarkan anak menghayati syairnya.

5.Seharusnya mengunjungi museum hal yang bagus untuk dilakukan bersamaan dengan momen Kemerdekaan. Tapi, dangan adanya Coronavirus Disease-2019 atau yang biasa kita sebut Covid-19 serta sedang diadakannya protokol kesehatan maka kegiatan ini kami tunda. Kegiatan ini selain murah, terjangkau, dan menyenangkan. Tentunya banyak sekali pembelajaran yang bisa kita ajarkan kepada si kecil. Salah satunya anak bisa belajar memahami bahwa kemerdekaan yang saat ini dirasakan adalah buah perjuangan para pahlawan.

Masih banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan. Anak adalah generasi penerus bangsa, yang salah satu dari anak-anak kitalah kelak akan muncul pemimpin, pemikir, pemersatu bahkan pembangun bangsa. Tak perlu menjadi yang terbaik, cukup kita ajarkan hal-hal baik itu dapat menciptakan generasi hebat. Selama bisa memberi dampak positif dan baik untuk pembangunan karakter anak, kita bisa melakukannya. Semoga anak-anak kita bisa lebih mencintai Tanah Air, Indonesia.

Penulis: Fajar Mujamil
https://twitter.com/fajar_mujamil
https://www.instagram.com/kn.tourney/
https://www.facebook.com/fajarmujamil
https://www.youtube.com/channel/UCTpQiM6LiSoXJZVC2TQnaWw

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here